Langsung ke konten utama

9 Tips Jenius Membeli Sepeda Motor Bekas Berkualitas

Bagaimana tips membeli sepeda motor bekas? Harganya yang relatif lebih murah menjadikan sepeda motor seken tetap mempunyai peminatnya tersendiri. Bahkan tidak sedikit para penjual yang berani menawarkan harga dengan selisih hingga separuhnya. Tetapi yang namanya barang bekas pakai sudah tentu kualitasnya tidak lebih baik dari sepeda motor baru. Oleh karena itu, dibutuhkan trik-trik cerdik agar anda tidak keliru membeli barang rongsokan.
Berikut ini Pyurio bagikan kiat-kiat membeli sepeda motor bekas agar tidak salah dalam memilihnya :
1. Periksa Harga Sepeda Motor Bekas Terkini
Setiap saat, harga sepeda motor seken bisa terus mengalami perubahan. Oleh sebab itu, anda perlu membekali diri terlebih dahulu dengan informasi daftar harga ter-update motor incaran anda. Cobalah mencari informasi harga yang bisa dipertanggungjawabkan, baik melalui koran, majalah, atau media online. Perlu diketahui, daftar harga tersebut tidak sepenuhnya mempengaruh harga motor, tetapi juga ada faktor lain yang turut menjadi penilaiannya.

2. Pastikan Nomor Rangka dan Mesin Sesuai STNK dan BPKB
Jangan lupa periksa kesesuaian antara nomor rangka dan mesin yang tertera pada fisik sepeda motor dengan keterangan yang tercantum pada STNK dan BPKB. Periksa dengan teliti kecocokan dari keduanya. Hati-hati, ada beberapa kasus di mana penjual memalsukan nomor motornya dengan mengetok ulang. Ada baiknya anda membawa teman yang paham dengan mesin saat berburu sepeda motor bekas.
3. Cek Keaslian Nomor Polisi Sepeda Motor
Periksa juga keaslian plat nomor sepeda motor tersebut melalui layanan sms Polda Metro Jaya. Caranya yaitu ketik METRO (spasi) NOMOR POLISI kirim ke 1717. Tidak menunggu waktu lama, anda akan mendapatkan sms balasan dari Polda Metro Jaya berisi informasi detail sepeda motor termasuk plat nomor, nomor mesin, dan nomor rangka.
4. Pilih Sepeda Motor yang Berkondisi Baik
Kondisi suatu sepeda motor bekas sangat mempengaruhi harga dari sepeda motor tersebut. Semakin bagus kondisinya, maka otomatis harga sepeda motor itu akan lebih tinggi. Mulailah dengan memeriksa permukaan motor untuk memastikan ada tidaknya lecet yang terjadi dan tidak pernah terjatuh. Jangan ketinggalan, cek keaslian dari semua sparepart yang melengkapi sepeda motor pilihan anda. Pastikan juga semua kelengkapan lampu dapat berfungsi normal, termasuk rem dan aki.
5. Perhatikan Kondisi Mesin dan Kualitas Pelumas Oli
Kebanyakan orang menganggap jika kualitas mesin yang bagus hanya ditandai oleh suaranya yang halus. Padahal ini bisa dimanipulasi dengan memakai pelumas oli yang lebih kental. Cara ini sangat efektif merubah suara mesin yang sebelumnya terdengar kasar menjadi halus sekali. Oleh karena itu, selain menggunakan indikator suara mesin, disarankan juga mengecek secara langsung kondisi mesin sepeda motor tersebut. Pastikan saat mesin dinyalakan, bagian knalpot tidak mengeluarkan asap. Jika terdapat indikator RPM pada dashboard motor, perhatikan dengan jeli apakah mesin tersebut masih tetap menyala saat berada di 1500 rpm atau tidak.
6. Perhatikan Angka di Speedometer
Saat ingin membeli motor bekas, selalu perhatikan angka yang tertera pada speedometer-nya. Pastikan speedometer tersebut dapat berfungsi dengan baik dan belum pernah dibongkar. Hindari membeli sepeda motor yang sudah menempuh jarak lebih dari 20.000 km karena kondisi perangkatnya lebih rapuh dan banyak yang harus diganti. Dengan kata lain, anda akan merogoh kocek lebih dalam untuk membeli sparepart yang baru.
7. Cobalah Kendarai Sepeda Motor Tersebut
Setelah kondisi sepeda motor sudah dipastikan dalam keadaan baik, kini saatnya menjajal performa dari motor tersebut. Cobalah mengendarai sepeda motor itu dan perhatikan tingkat kemudahannya ketika proses perpindahan gigi, apakah berjalan mulus atau terasa keras. Hal ini dilakukan guna memastikan kopling motor dalam keadaan baik, yang ditandai mudahnya proses perpindahan gigi tersebut. Jangan lupa periksa juga sambungan-sambungan mesin apakah terdapat kebocoran atau tidak dengan melihat ada tidaknya tetesan oli.
9. Pastikan Rangka Sepeda Motor Tidak Bengkok
Kondisi rangka motor akan berpengaruh besar terhadap tingkat keamanan sepeda motor tersebut. Untuk itu, pastikan rangka motor masih normal, lurus, tidak bengkok, dan tidak pernah di-press ulang. Adapun caranya yaitu dengan melihat tingkat kesejajaran posisi roda depan dan roda belakang. Selain itu, anda juga bisa merasakan sepeda motor incaran anda masih terasa stabil saat dijalankan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l