Langsung ke konten utama

Catat, Cara Mengatasi Rem Sepeda Motor Berdecit!

Rem sepeda motor berdecit adalah salah satu permasalahan yang sering dialami oleh pemilik kendaraan bermotor. Penyebab utamanya adalah adanya gesekan yang terjadi antara dua benda yang berstruktur keras dan licin. Masalah rem berdecit harus ditangani segera karena cukup membahayakan pengendara dan bisa merusak komponen-komponen yang bersangkutan.
Prosedur perbaikan rem yang berdecit disesuaikan dengan tipe rem sepeda motor tersebut, apakah berupa rem cakram atau rem tromol. Berikut ini panduan langkah-langkahnya :

Rem Cakram
Penyebab rem cakram berdecit adalah kondisi kampas rem yang telah aus sehingga harus diganti. Apabila dibiarkan terus-menerus, pelat logam pada rem tersebut akan terkikis sehingga menimbulkan panas berlebih pada sistem pengereman. Ikuti langkah-langkah perbaikan di bawah ini :
  1. Periksa kondisi kampas rem, apakah masih bagus atau sudah cukup aus. Kampas yang masih bagus bisa diperbaiki, sedangkan kampas yang sudah aus harus diganti.
  2. Jika kampas rem masih tebal tetapi menimbulkan suara berdecit, anda bisa mengatasinya dengan mengikir secara perlahan (mengampelas) permukaan kampas sehingga lebih halus. Hal ini dimaksudkan agar kampas bisa mencengkeram sempurna pada cakram rem.
  3. Jika kampas rem sudah mengalami kerusakan cukup parah, anda bisa menggantinya dengan sparepart yang resmi. Walaupun berharga lebih mahal, cakram asli umumnya memiliki kualitas yang lebih baik, dilengkapi jaminan mutu, dan bergaransi. Di sisi lain, rem bermerk aspal bisa dipilih jika anda benar-benar jago menyeleksi mana produk yang mempunyai kualitas tinggi.
Rem Tromol
Sementara itu, penyebab rem tromol berdecit adalah kondisi bagian dalam rem kotor atau berkarat. Hal ini biasanya terjadi karena sepeda motor sering tersiram air hujan dan pemilik kendaraan tidak segera membilasnya. Untuk mengatasi permasalahan ini, anda bisa mencoba panduan berikut :
  1. Bongkar rem tromol tersebut secara keseluruhan dan bersihkan memakai sikat kawat untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel di sela-selanya.
  2. Untuk bagian tutup normal, anda bisa mencucinya menggunakan bensin. Sedangkan pembersihan kampas rem dan inti tromol bisa dilakukan dengan mengelapnya memakai kain basah.
  3. Jika kondisi bagian dalam rem tromol sudah berkarat, anda bisa menghilangkan karat tersebut dengan mengampelasnya secara perlahan-lahan setelah rem diolesi pelumas sebelumnya. Sedangkan apabila kondisi karatnya sudah terlalu parah, tidak ada cara lain selain menggantinya dengan rem yang baru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l