Langsung ke konten utama

Petunjuk Cara Menghilangkan Karat pada Knalpot Sepeda Motor

Bagaimana cara menghilangkan karat pada knalpot sepeda motor? Knalpot adalah komponen sepeda motor yang berfungsi sebagai saluran pembuangan gas hasil pembakaran. Pada umumnya, knalpot dibuat dari bahan besi yang dicampurkan dengan krom. Tidak heran, knalpot akan berkarat apabila tidak dirawat dengan benar.

cara-menghilangkan-karat-knalpot.jpg

Knalpot Sepeda Motor

Mayoritas pemilik sepeda motor menghilangkan karat pada knalpot dengan mengikisnya menggunakan ampelas atau sikat kawat. Padahal cara ini sangatlah keliru karena justru akan membuat struktur knalpot semakin tipis dan rawan berlubang. Lantas, bagaimanakah cara yang benar?

Alat dan Bahan :

  • Pasta gigi
  • Pelumas oli
  • Cat antikarat
  • Air
  • Sikat gigi
  • Kuas ukuran kecil
  • Kain lap
  • Ember

Langkah-langkah :

  1. Posisikan sepeda motor bertumpu pada standar tengah sehingga memudahkan kita untuk membersihkannya.
  2. Pembersihan tahap pertama dilakukan dengan menggunakan pasta gigi dan sikat gigi bekas. Caranya yaitu oleskan pasta ke sikat gigi lalu usapkan pada eksterior knalpot. Sikatkan pasta gigi ini di sepanjang bagian knalpot, termasuk lehernya. Biarkan beberapa saat agar sikat gigi bereaksi mengangkat karat secara perlahan-lahan.
  3. Bilas knalpot dengan air bersih untuk menghilangkan busa pasta gigi dan kotoran yang menempel. Hati-hati saat melakukannya, jangan sampai air tersebut masuk ke lubang knalpot. Setelah itu, seka knalpot yang masih basah tersebut dengan kain lap agar cepat mengering.
  4. Pembersihan tahap kedua adalah dengan memakai pelumas oli. Caranya sangat mudah, kuaskan oli bekas ini di sepanjang bagian luar knalpot termasuk di lehernya. Boleh juga meneteskan beberapa sendok oli ke dalam lubang knalpot untuk melumasi bagian ini agar terhindar dari kerak. Diamkan beberapa saat agar oli terserap ke dalam pori-pori knalpot. Selepas itu, nyalakan mesin sepeda motor selama 2-5 menit untuk membuang sisa oli yang menempel. Jangan terkejut saat melihat knalpot berasap, sebab ini lumrah sebagai pertanda oli mengalami penguapan.
  5. Pada percobaan pertama, mungkin anda tidak akan melihat hasil yang signifikan karena metode ini memang bertujuan mengikis karat secara perlahan-lahan dan aman. Oleh karena itu, kerjakanlah petunjuk ini secara rutin setiap hari selama kurang lebih seminggu dan perhatikan hasilnya.
  6. Ketika semua karat yang menempel di knalpot sudah terkelupas semuanya, anda bisa memoles knalpot tersebut kembali dengan menggunakan cat antikarat sehingga terlindungi. Selalu teliti dan berhati-hati saat mengaplikasikan cat ini agar tidak mengotori komponen lain dan merusak keindahan sepeda motor secara keseluruhan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l