Langsung ke konten utama

3 Penyebab Sepeda Motor Mogok dan Cara Mengatasinya

Apa penyebab sepeda motor mogok dan bagaimanakah cara mengatasinya? Sepeda motor dikenal sebagai kendaraan yang paling efisien karena bentuknya mungil dan sanggup menerjang berbagai medan. Kendaraan ini juga sangat nyaman, serta hemat bahan bakar. Namun masalah bisa saja muncul ketika sepeda motor yang dikendarai tiba-tiba mogok dan anda tidak tahu cara memperbaikinya.
Paling tidak ada 5 faktor penyebab sepeda motor bisa mogok secara mendadak. Apa saja? Berikut ini ulasan dari Pyurio disertai solusinya!

1. Busi Kotor atau Aus
Kondisi busi yang bermasalah merupakan penyebab paling sering dari mogoknya sepeda motor. Hal ini terjadi karena komponen logam di dalam busi tidak sensitif lagi untuk mengubah arus listrik menjadi titik api. Akibatnya mesin susah dinyalakan, mesin mati mendadak, atau mesin mengeluarkan suara brebet. Untuk mengatasinya, lepas busi dari dudukan dan bersihkan memakai kain lap apabila kondisinya tampak kotor. Sedangkan jika busi tersebut terlihat aus dan menghitam, segera gantilah dengan busi yang baru.
2. Koil Loyo
Pada sepeda motor, koil berguna untuk meningkatkan tegangan listrik dari aki ke ruang pembakaran. Dengan demikian, listrik tersebut mampu mendongkrak energi yang dibutuhkan oleh busi untuk menciptakan percikan api sehingga proses pembakaran bisa berjalan sempurna. Koil yang bermasalah umumnya ditandai dengan sulitnya mesin dihidupkan dan tersendatnya kinerja mesin tanpa adanya suara ledakan dari knalpot. Sebelum memutuskan untuk menggantinya, periksa terlebih dulu kondisi koil pada sepeda motor anda. Caranya, tempelkan kabel koil ke badan mesin, lalu nyalakan mesin dengan men-starter-nya. Kemudian ulangi pengecekan dengan memasang busi, jika tidak timbul percikan api, ini tandanya performa koil tersebut sudah loyo.
3. CDI Bermasalah
CDI (Capasitor Discharge Ignition) bertugas mengatur waktu pengapian pada proses pembakaran di ruang bakar. Apabila komponen ini bermasalah, akibatnya proses pembakaran di kendaraan anda tidak sempurna. Solusinya, bawalah sepeda motor anda ke bengkel karena memperbaiki CDI yang bermasalah itu sangat rumit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l