Langsung ke konten utama

4 Masalah Pada Rem Sepeda Motor dan Cara Mengatasinya

Bagi sepeda motor, rem adalah salah satu elemen pendukung yang sangat penting. Rem berfungsi untuk memperlambat laju kendaraan dan menghentikannya sedikit demi sedikit. Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi anda untuk memastikan kondisi rem motor berfungsi dengan baik setiap hari agar terhindar dari kecelakaan di jalan raya.
Apa saja masalah-masalah yang sering terjadi pada rem suatu sepeda motor? Bagaimana pula cara mengatasinya?
1. Rem Berbunyi
Rem sepeda motor yang berbunyi dan terasa keras menandakan kondisinya kotor. Bukan tidak mungkin kondisi tersebut akan mengurangi kinerja rem dan membahayakan pengendara motor. Oleh karena itu, hendaknya rem tersebut harus dibersihkan sesegera mungkin agar berfungsi normal kembali.

2. Rem Terasa Keras
Biasanya, pijakan rem yang terasa keras disebabkan tertutupnya bagian rumah rem oleh kotoran. Maka untuk mengatasinya, anda cukup membersihkan bagian ini menggunakan kain lap. Hindari membersihkan rumah rem memakai pelumas karena malah akan mengurangi sistem kerja rem tersebut.
3. Rem Cakram Tidak Berfungsi Baik
Rem cakram yang tidak berfungsi baik sebagaimana mestinya bisa disebabkan minyak rem tersebut sudah habis. Jadi, anda perlu mengecek bagian wadah minyak ini secara berkala dan mengisinya kembali saat telah berkurang. Sedangkan bila rem cakram menimbulkan suara, artinya kondisi rem sudah rusak sehingga harus diganti segera.
4. Piston dan Seal Telah Aus
Masalah terakhir yang sering terjadi pada rem sepeda motor adalah ausnya bagian piston dan seal. Untuk mengatasinya anda bisa mengganti bagian-bagian ini dengan komponen yang baru. Pastikan komponen baru tersebut sesuai dengan spesifikasi rem sepeda motor anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l