Langsung ke konten utama

Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan Velg Racing

Apa kelebihan dan kekurangan dari velg racing? Pada kendaraan bermotor, bagian velg berguna untuk tempat berpegangan roda. Salah satu jenis velg sepeda motor yang kini tengah digandrungi di Indonesia adalah casting wheel atau biasa disebut velg racing. Velg ini terbuat dari campuran karbon, alumunium, dan logam lainnya yang kemudian dicetak dalam bentuk tertentu.
Daya tarik utama dari velg racing adalah desainnya yang terlihat lebih stylish dibandingkan dengan velg ruji. Tidak heran, penggemar dari velg racing ini kebanyakan berasal dari kawula muda yang ingin tampil lebih bergaya. Lantas, apa sih kelebihan dan kekurangan dari velg racing ini?

Velg racing mempunyai kelebihan-kelebihan antara lain :
  1. Velg racing adalah velg yang mudah dibersihkan. Hal ini dikarenakan bentuknya yang sederhana dan tidak rumit sebagaimana pada velg ruji. Selain itu, jumlah palang pada velg ini juga sangat sedikit berkisar antara 3 hingga 5 palang.
  2. Pada saat digunakan untuk bermanuver, velg racing bakal lebih lincah. Begitu pula saat dipakai untuk hard breaking, velg ini pun terasa lebih responsif. Bandingkan dengan velg ruji yang memiliki bentuk lebih kaku.
  3. Velg racing mendukung ban tubeless. Jadi, anda bisa menggunakan ban tanpa-ban-dalam apabila sepeda motor anda memakai velg racing. Kabarnya, penggunaan ban tubeless memungkinkan kendaraan bisa melaju lebih kencang daripada ban biasa.
Di sisi lain, kekurangan-kekurangan dari velg racing di antaranya :
  1. Apabila sepeda motor dengan velg racing sering dipakai untuk melewati jalanan berlubang, maka velg ini gampang sekali membengkok. Jika hal ini terus berlanjut, bukan tidak mungkin velg tersebut juga akan mengalami keretakan di beberapa sisi.
  2. Di pasaran, harga velg racing cenderung lebih mahal daripada velg ruji. Hal tersebut disebabkan permintaan akan velg model ini sangat tinggi. Velg racing dinilai mempunyai tampilan yang lebih menarik sehingga membuat sepeda motor tampak semakin menawan.
  3. Kekurangan lain dari velg racing adalah velg ini berbobot cukup berat. Sehingga dibutuhkan daya yang lebih besar untuk menggerakkan roda ber-velg racing. Meskipun sangat sedikit, hal ini juga akan berimbas pada pemborosan bahan bakar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l