Penyebab dan Cara Mengatasi Sepeda Motor Bergetar

Pernahkah anda mengalami sepeda motor yang tengah dikendarai terasa bergetar? Apa sih sebenarnya penyebab dari getaran tersebut? Bagaimana pula cara mengatasi bunyi dari sepeda motor yang bergetar?

cara-mengatasi-sepeda-motor-bergetar.jpg

Sepeda Motor

Masalah sepeda motor yang bergetar pernah dirasakan oleh hampir semua pemilik kendaraan roda dua. Karena getarannya cukup kuat, hal ini dapat mengganggu kenyamanan berkendara dan menimbulkan suara berisik. Itu sebabnya, anda harus memperbaikinya segera sehingga berkendaraa motor menjadi nyaman kembali.

Tahukah anda, sepeda motor yang bergetar umumnya disebabkan oleh kondisi baut yang kendur. Hal ini menimbulkan jarak antara bodi dan rangka yang bisa menimbulkan getaran saat motor melaju. Jadi, kencangkan segera baut-baut yang menempel di kendaraan anda untuk menguatkan daya cengkeramannya.

Pencegahan agar motor tidak bergetar bisa dilakukan dengan rutin memperhatikan kondisi baut sepeda motor. Biasanya baut yang kerap mengendur terletak di speedometer, dek depan, dan baut-baut depan lainnya. Posisi yang dekat dengan mesin dan rawan terhadap guncangan jalan menyebabkan baut-baut ini rawan berputar. Untuk itu, bagi anda yang sering melewati jalanan berlubang, wajib hukumnya melakukan servis secara rutin dan meminta teknisi untuk mengencangkan baut-baut motor.

Ada kalanya, setelah baut dikencangkan, namun sepeda motor tetap bergetar. Perbaikannya bisa dilakukan dengan meredam getaran tersebut dengan menggunakan bantalan, misalnya double tip yang tebal.

Untuk panduannya, mulailah dengan membuka bodi sepeda motor yang menyebabkan timbulnya getaran. Selanjutnya, tempelkan double tip di antara kedua bagian bodi kendaraan. Kemudian, pasang kembali casing bodi motor yang telah dilepas tadi seperti semula. Berikutnya, gunting double tip yang menjuntai agar terlihat lebih rapi. Terakhir, nyalakan sepeda motor anda dan lakukan ujicoba.

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi Sepeda Motor Bergetar"

Posting Komentar