Langsung ke konten utama

Cara Merawat Cat Doff pada Bodi Kendaraan

Bagaimana cara merawat cat doff pada bodi kendaraan? Selama beberapa tahun terakhir tidak sedikit pabrikan otomotif yang memoles kendaraan buatannya dengan cat berwarna doff. Warna ini diklaim mampu mengesankan mobil dan sepeda motor terlihat lebih elegan dan garang.
Akan tetapi, merawat bodi kendaraan yang dihiasi warna doff sedikit lebih sulit daripada cat metalik. Dibutuhkan metode perawatan yang khusus untuk mempertahankan pesona dan keawetan warna cat. Jika salah dalam merawatnya, maka bukan tidak mungkin cat gampang memudar dan tidak menarik lagi.

Berikut ini langkah-langkah merawat bodi kendaraan bermotor yang bercat warna doff versi Pyurio :
  1. Bersihkan seluruh permukaan kendaraan memakai kain halus atau kemonceng. Pastikan seluruh bodi kendaraan terbebas dari debu yang dapat menggores cat.
  2. Siapkan seember air bersih dan seember lagi berisi campuran air dan sampo kendaraan. Siram seluruh bagian kendaraan dengan air bersih untuk melunturkan kotoran-kotorannya. Celupkan busa ke dalam air sampo, lalu gosokkan ke seluruh permukaan kendaraan. Bilas busa ke air bersih terlebih dulu sebelum anda memasukkannya ke air sampo kembali.
  3. Untuk menghilangkan noda yang membandel, anda bisa menggunakan sikat gigi berbulu halus. Sikat kotoran yang melekat tersebut secara perlahan sampai benar-benar hilang, lalu bilas dengan air bersih.
  4. Setelah proses pencucian kendaraan bermotor rampung, lakukan pembilasan sekali lagi. Caranya semprotlah seluruh bodi kendaraan bermotor memakai air selang bertekanan rendah. Arahkan air ke seluruh sudut kendaraan bermotor sampai benar-benar bersih.
  5. Tahap terakhir adalah mengeringkan bodi kendaraan yang basah dengan kain kanebo. Gunakan kain microfiber yang bertekstur halus untuk mengelap permukaan mobil dan sepeda motor sampai benar-benar kering.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l