Langsung ke konten utama

Merawat Sepeda Motor Injeksi, Nih Caranya!

Bingung bagaimana caranya merawat sepeda motor injeksi? Kebanyakan motor saat ini hadir dengan kelengkapan berupa sistem injeksi. Tidak seperti sistem karburator, penerapan sistem injeksi diklaim mampu mengefektifkan penggunaan bahan bakar. Hasilnya, emisi yang dilepaskan ke udara pun semakin berkurang.
Karena merupakan teknologi yang paling baru, beberapa orang mengaku kebingungan dalam merawat sepeda motor injeksinya. Tapi anda tak perlu khawatir. Berikut ini adalah tips-tips Pyurio dalam merawat sepeda motor injeksi yang benar :

Gunakan BBM dengan RON di atas 90
RON (Research Octane Number) adalah suatu angka yang menyatakan nilai oktan yang terkandung di dalam suatu bahan bakar. Semakin tinggi nilai oktan pada suatu bahan bakar, maka semakin sulit pula bahan bakar tersebut terbakar. Pada sepeda motor injeksi, umumnya pihak pabrikan menyarankan penggunaan bahan bakar dengan nilai oktan lebih dari 90 seperti pertalite, pertamax, dan pertamax plus. Agar tidak keliru, baca kembali buku panduan sepeda motor anda.
Jangan Biarkan Tangki Bahan Bakar Kosong
Saat ini, stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) tersebar di mana-mana. Namun sebagai manusia ada kemungkinan kita terlupa mengisi bahan bakar, sehingga mengendarai motor sampai bahan bakarnya habis sama sekali. Jika hal ini terjadi, akibat yang paling fatal adalah fuel pum terbakar. Jadi, biasakan memeriksa dengan teliti volume bahan bakar kendaraan anda sebelum menggunakannya.
Periksa Kondisi Aki Sepeda Motor
Pada sepeda motor injeksi, aki memiliki kontribusi yang besar terhadap kinerja sepeda motor. Aki akan mempengaruhi kontrol elektrik motor ini. Jika timbul ketidakstabilan pada aki, akibatnya performa sistem injeksi pun bakal menurun.
Hindari Penambahan Aksesoris Secara Berlebihan
Boleh-boleh saja anda memodifikasi sepeda motor selagi dalam batas kewajaran. Pasalnya, terlalu banyak memasang aksesoris listrik justru akan memaksa aki bekerja keras. Tentu saja aki pun jadi mudah rusak dan tekor. Oleh sebab itu, hindari memasang terlalu banyak aksesoris khususnya bila anda ingin sepeda motor tetap awet.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l