Langsung ke konten utama

Biar Awet, Nih Tips Perawatan Sepeda Motor Antik

Bagaimana tips merawat sepeda motor antik biar awet? Meskipun usianya sudah puluhan tahun, namun keindahan sepeda motor antik tetap yang paling menarik bagi para pecintanya. Semakin tua usia suatu sepeda motor, maka pesonanya pun akan semakin terlihat menarik.
Sepeda motor antik adalah sebutan untuk sepeda motor yang telah berusia tua tetapi kondisinya masih mulus dan normal. Daya tarik utama dari kendaraan ini adalah pada kenangan yang dimilikinya, di mana motor tersebut telah melewati berbagai zaman. Sebuah keasyikan tersendiri jika kita bisa mengenang pengalaman-pengalaman di masa lampau bersama dengan sepeda motor antik tersebut.

Supaya keawetan motor antik anda terjaga, ikuti tips-tips perawatannya dari Pyurio berikut ini :
  • Ban menjadi komponen paling utama yang harus diperhatikan kondisinya. Meskipun ban terlihat apik, bukan berarti ban tersebut tak luput dari masalah akibat usianya yang sudah tua. Jadi gantilah ban dengan model yang sejenis agar cengkeramannya kembali kuat seperti semula.
  • Anda juga wajib mengganti bearing kemudi jika pergerakannya sudah tidak begitu mulus. Paling tidak bearing kemudi ini harus diganti dengan yang baru setiap lima tahun sekali.
  • Berikan pelumas secara berkala pada rantai dan gir. Sesuaikan tingkat ketegangan rantai seperti rekomendasi pabrikan. Segera ganti gir apabila kondisinya telah aus.
  • Cek tingkat ketebalan kampas rem secara rutin. Jangan lupa periksa juga kondisi kabel penghubung tuas rem. Rem perlu dilumasi ulang setiap dua tahun sekali.
  • Pastikan garpu depan dan setang selalu dalam keadaan prima dan terhubung dengan baik. Bersihkan kedua bagian motor ini secara berkala dan berikan pelumas setiap dua tahun sekali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l