Langsung ke konten utama

6 Tips Bijak Kredit Sepeda Motor yang Baik

Hampir semua orang di Indonesia saat ini beraktifitas dengan mengendarai sepeda motor. Selain mudah digunakan, kendaraan roda dua ini dinilai dapat mempercepat mobilitas sehari-hari untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Sepeda motor juga lincah, gesit, dan bisa diandalkan untuk melalui segala medan dengan berbagai kondisi. Maka tak heran, jumlah pengendara sepeda motor di Nusantara kian hari semakin meningkat.
Salah satu opsi untuk melakukan pembelian sepeda motor adalah membayarnya secara kredit. Metode pembayaran ini tentu sangat membantu para calon pembeli motor yang ingin mempunyai kendaraan roda dua sesuai impiannya tanpa memberatkan kantong. Hal ini juga disambut oleh para perusahaan leasing yang menawarkan berbagai promo dan penawaran menarik.
Namun yang namanya bisnis tetaplah kejam. Tidak sedikit para perusahaan leasing yang nakal dan mengelabui calon konsumennya dengan memberikan iming-iming yang fantastis. Jangan sampai maksud hati Anda ingin untung, malah jadinya buntung karena terjebak di perangkap oknum yang nakal. Simak tips-tips bijak dari Pyurio tentang kredit sepeda motor berikut!

1. Tentukan Sepeda Motor yang Diimpikan
Apakah Anda tertarik dengan sepeda motor tipe bebek, matic, atau sport? Pastikan jauh-jauh hari Anda telah memilih sepeda motor impian sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Bersikaplah realistis dengan memperhitungkan pendapatan bulanan Anda, biaya keperluan bulanan, dan anggaran mendadak. Jangan pernah memaksakan diri mengambil kredit kendaraan yang tidak mungkin Anda bayar secara rutin sebab justru akan menimbulkan masalah baru.
2. Lakukan Survei Harga dan Bandingkan
Banyaknya dealer sepeda motor saat ini akan mempermudah Anda dalam mensurvei harga pasaran kendaraan di daerah Anda. Ingatlah tetap fokus terhadap motor yang Anda sukai dan jangan tergoda dengan yang lain. Jika Anda jeli dalam memperhatikan perbedaan-perbedaan harga yang ditawarkan, pasti ada mekanisme kredit dengan setoran bulanan yang sesuai dengan kemampuan Anda bahkan lebih ringan.
3. Kerjasama dengan Perusahaan yang Terpercaya
Kepercayaan merupakan faktor yang terpenting dalam menjalin hubungan kerjasama. Perusahaan yang sudah memiliki reputasi baik pasti akan terus mempertahankan citra perusahaannya di mata semua konsumen dengan memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan. Dengan kata lain, Anda tidak akan pernah menyesal selama proses pembayaran setoran kredit berlangsung.
4. Jangan Pernah Tergiur dengan Penawaran Hadiah
Ingat tujuan utama Anda mengajukan kredit adalah untuk memiliki sepeda motor dengan harga yang ringan, bukan untuk mendapatkan hadiah tambahan. Sebaliknya Anda perlu waspada terhadap perusahaan seperti ini karena biasanya ada maksud tersembunyi dari perusahaan tersebut. Alih-alih membeli sepeda motor dengan bonus hadiah yang menarik, lebih baik lakukan pembelian di dealer yang menawarkan sistem pembiayaan cicilan ringan dengan bunga rendah.
5. Pelajari Setiap Syarat dan Ketentuan Perjanjian
Sebelum Anda menyetujui perjanjian kredit sepeda motor, pelajari terlebih dahulu syarat dan ketentuannya. Tanyakan semua hal yang perlu Anda ketahui tentang perjanjian tersebut. Jangan pernah malu ataupun ragu dalam menyampaikan pertanyaan karena Anda termasuk pihak yang terlibat dalam perjanjian tersebut. Perusahaan leasing dan dealer yang baik pasti akan menjawab setiap pertanyaan Anda dengan senang hati. Di sisi lain, Anda perlu berhati-hati terhadap poin perjanjian yang tidak disampaikan dengan jelas.
6. Pastikan Anda Mengetahui Proses Serah Terima BPKB
Pertanyaan yang tak kalah penting yaitu tata cara penyerahan buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB). Pastikan Anda mengetahui dengan pasti bagaimana mekanisme serah terima tersebut. Kuncinya tetap berhati-hati, waspada, dan jangan mudah percaya terhadap rekan bisnis Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l