Langsung ke konten utama

4 Tips Meningkatkan Bilangan Oktan Bensin

Bilangan oktan adalah penamaan yang ditujukan pada salah satu isomer oktana. Oktana sendiri merupakan senyawa hidrokarbon yang berjenis alkana dan memiliki rumus kimia yaitu C8H18. Trimetilpentana (isooktana) yang termasuk isomer oktana ialah bahan dasar pembuatan bensin dan biasanya juga dipakai untuk penghitungan bilangan oktan.

Pada prinsipnya, bensin yang mempunyai bilangan oktan tinggi maka kualitasnya lebih bagus daripada bensin beroktan rendah. Tidak heran, harga bensin yang mengandung oktan tinggi ini cenderung lebih mahal. Contohnya yaitu pertamax. Alternatifnya, Anda bisa membuat sendiri bensin oplosan yang tentunya memerlukan biaya yang lebih rendah.

cara-menaikkan-bilangan-oktan.jpg

Sebelumnya kami peringatkan bahwa tips-tips berikut secara teori memang dinilai bisa meningkatkan bilangan oktan bensin. Namun belum ada ujicoba praktiknya secara langsung sehingga kami tidak bisa memberikan jaminan apapun. Segala bentuk kerusakan yang timbul pada kendaraan bermotor yang diujicoba sepenuhnya menjadi tanggungjawab Anda dan kami terbebas dari segala tuntutan hukum.

1. Menambahkan Kapur Barus ke Bensin

Kapur barus memiliki kandungan napthalena yang merupakan senyawa kimia yang lumrah digunakan untuk menaikkan bilangan oktan. Napthalena tergolong ke dalam benzena aromatik hidrokarbon. Karakteristik dari senyawa ini antara lain sifat pembakarannya lebih baik dan gampang menguap sehingga tidak menimbulkan bekas. Walaupun sifatnya sangat mirip, penggunaan napthalena sebagai zat aditif bensin belum terlalu populer.

Bilangan oktan bensin diklaim akan mengalami kenaikan setelah dicampur dengan kapur barus. Beberapa orang merekomendasikan sebutir kapur barus harus dilarutkan dengan bensin sebanyak 10 liter. Tetapi sekali lagi kami ingatkan bahwa belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan kebenaran metode ini, termasuk dampak-dampak yang ditimbulkannya.

2. Mencampurkan Ethanol

Ethanol termasuk salah satu jenis cairan etil-alkohol dengan kandungan alkohol mencapai 99,9 persen. Ethanol dapat dituliskan dengan rumus kimia C2H6O. Biasanya ethanol yang dipakai untuk campuran bensin diperoleh dari proses fermentasi singkong atau tebu.

Sebagai bensin yang mengandung bilangan oktan rendah, premium memiliki angka 88. Sedangkan bilangan oktan ethanol yakni 118. Sehingga mencampurkan ethanol dan premium dengan perbandingan 1:9 akan menghasilkan bensin yang mempunyai bilangan oktan 91. Sebagai contoh, Anda bisa mencampurkan ethanol 300 ml dan premium 3 liter.

3. Menggunakan TEL (Tetraethyl Lead)

Upaya peningkatan bilangan oktan pada bensin juga bisa dikerjakan menggunakan TEL (Tetraethyl Lead). Senyawa TEL biasanya dituliskan memakai rumus kimia Pb (C2H5)4. Metode ini memang terbukti efektif mampu menaikkan kadar oktan, sayangnya unsur timbel yang terbentuk dari sisa pembakaran dapat mengendap di mesin.

Itu sebabnya, campuran ini perlu ditambahkan lagi dengan senyawa dibromoetana yang sanggup mengikat timbel menjadi PbBr2 yang bersifat gampang menguap. Namun ternyata uap yang mengandung timbel ini sangat berbahaya bagi kesehatan dan dapat merusak lingkungan hayati. Alhasil, sekarang pemakaian TEL untuk menaikkan cilangkan oktan bensin sudah dilarang oleh pemerintah Indonesia.

4. Memanfaatkan MTBE (Methyl Tertiary Butyl Ether)

MTBE (Methyl Tertiary Butyl Ether) adalah senyawa yang dibuat dari ethanol melalui proses sedemikian rupa. Rumus kimianya dituliskan dengan C5H11O. Perlu diketahui, MTBE murni mempunyai bilangan oktan 118.

Di samping berfungsi untuk menaikkan bilangan oktan, MTBE juga bisa meningkatkan kadar oksigen pada campuran gas di dalam mesin. Dengan demikian, MTBE akan membantu menyempurnakan proses pembakaran di ruang bakar. Tetapi baru-baru ini MTBE dinyatakan berbahaya sebab bersifat karsinorgenik dan gampang tercampur air.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l