Langsung ke konten utama

Ciri-ciri CDI dan Pulser sudah lemah atau rusak

Seiring berjalannya waktu, CDI dan pulser baik pada mobil maupun sepeda motor akan mengalami kerusakan. Sebelum benar-benar mati total, komponen-komponen tersebut akan memberikan beberapa tanda dahulu terkait kondisinya yang sudah lemah. Jika Anda jeli dalam memperhatikannya, Anda bisa mengantisipasi timbulnya kerusakan yang lebih parah. Pencegahan tentu lebih baik dilakukan daripada perbaikan yang terkadang dikerjakan terlambat.

ciri-cdi-pulser-rusak.jpg

Lantas apa sih ciri-ciri dari gejala awal lemahnya komponen CDI dan pulser ini? Catat tanda-tanda dari Pyurio sebagai berikut!

Gejala awal yang terjadi apabila CDI rusak adalah mesin yang terasa brebet ketika gas ditarik dalam putaran tinggi. Namun kadangkala mesin brebet juga disebabkan oleh busi yang akan mati. Jadi untuk memastikannya, Anda perlu melakukan pengecekan terlebih dahulu. Caranya yaitu ganti busi dengan yang baru dan rasakan. Jika mesin masih brebet, coba ganti CDI-nya

Sedangkan untuk pulser yang lemah, ciri-cirinya yakni mesin terasa brebet baik di putaran rendah maupun putaran tinggi. Untuk memeriksa penyebab kepastiannya, Anda harus mengganti pulser yang diduga lemah tersebut dengan pulser yang normal. Lalu rasakan sensasinya. Namun karena posisi pulser yang terletak di posisi cukup dalam, mau tidak mau Anda harus membongkar blok magnet terlebih dahulu.

Mengingat harga CDI dan pulser terbilang lumayan mahal, tak ada salahnya Anda mengecek terlebih dahulu penyebab utama dari kerusakan tersebut. Pastikan komponen tersebut memang telah benar-benar lemah, bukan karena kinerjanya terganggu. Setelah itu, baru deh Anda bisa menggantinya dengan CDI atau pulser yang baru. Dengan begini mobil atau sepeda motor Anda pun dapat berfungsi normal kembali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l