Langsung ke konten utama

Ini Penyebab Asap Knalpot Mobil Berwarna Putih

Permasalahan asap knalpot berwarna putih seringkali menimpa mobil yang usianya sudah lumayan tua. Bagi para pemilik mobil yang mengeluarkan asap putih tipis seperti demikian, tentu saja hal ini bakal merusak citra kendaraan yang dimilikinya. Parahnya lagi, munculnya asap putih juga bisa menjadi suatu pertanda bahwa telah terjadi kerusakan yang cukup serius pada mobil tersebut. Lantas, apa sih sebenarnya penyebab dari keluarnya asap tipis dari knalpot itu?

penyebab-asap-knalpot-putih.jpg

1. Ring Seher atau Ring Piston Mengalami Kerusakan

Biasanya, asap putih yang keluar dari knalpot disebabkan oleh sistem kendaraan yang mengalami masalah. Salah satunya yaitu komponen mesin terutama ring seher dan ring piston telah rusak. Jadi Anda perlu memeriksa kedua komponen tersebut terlebih dahulu dan melakukan tindakan perbaikan seperlunya.

2. Embun Terjebak di Dalam Knalpot

Penyebab lain yang berpotensi menimbulkan asap putih pada knalpot mobil ialah adanya embun yang terjebak di dalam knalpot kendaraan. Permasalahan ini paling sering terjadi saat pagi hari. Ketika Anda berniat memanaskan mobil di pagi hari biasanya akan terlihat asap putih yang mengepul dari dalam knalpot. Anda tidak perlu khawatir karena penyebab hal tersebut cuma embun atau uap air yang terperangkap di knalpot. Tetapi bila kejadian tersebut berlangsung terus-menerus, dirasakan untuk memeriksa kondisi mesin mobil secara menyeluruh.

3. PCV Valve Rusak atau Patah

Asap putih juga bisa terjadi karena PCV Valve rusak atau patah. Jika komponen ini rusak, maka otomatis oli akan tersedot ke dalam mesin. Alhasil oli pun terbakar di ruang pembakaran dan menghasilkan kepulan asap berwarna putih.

4. Seal Klep yang Bocor

Penyebab lainnya, seal klep yang bocor dapat memicu timbulnya asap putih dari knalpot kendaraan. Tandanya adalah muncul asap putih ketika kondisi mesin mobil masih belum terlalu panas, serta akan terus berlanjut hingga mobil mulai melaju. Untuk mengatasinya, cobalah memeriksa seal klep dan mengecek takaran oli untuk memastikan kalau tidak ada oli yang terbuang percuma.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l