Langsung ke konten utama

4 Cara Alternatif Memperbaiki Knalpot yang Bocor

Permasalahan knalpot motor yang bocor biasanya disebabkan oleh packing di bagian lehernya yang mulai mengecil, penyok, gepeng, atau keropos. Hal ini mengakibatkan timbulnya celah pada klem yang menjepit packing tersebut. Sehingga gas buang yang dihasilkan oleh mesin pun tidak bisa mengalir lancar menuju ke bafel, defuser, dan filter karena sebagian ada yang keluar melalui celah tadi.

Sayangnya, sulit sekali untuk bisa mendeteksi kebocoran pada knalpot motor ini. Keluarnya gas buang memang sangat tipis sehingga susah dilihat maupun dirasakan. Begitupun dengan suara knalpot yang tidak begitu berubah dan penurunan tenaga motor yang juga tak terlalu drastis.

cara-mengatasi-knalpot-bocor.jpg

Jadi bagaimana cara untuk bisa mengetahui ada tidaknya kebocoran pada knalpot? Kita bisa merasakan power yang dihasilkan dari top speed menjadi kurang bertenaga karena turbulensi-nya kurang optimal dan gas buangnya terlalu los. Alhasil, pengendara motor harus meningkatkan bukaan hand grip-nya sehingga konsumsi bahan bakar pun kian bertambah.

Solusi yang paling mudah untuk memperbaiki masalah ini yaitu mengganti bagian packing leher knalpot stainless steel dengan yang baru. Sebaiknya pilih packing leher model ring spy berbahan almu sehingga ketika leher tersebut dipasang dan klem dikencangkan, bagian packing akan lebih mudah tersambung dengan rapat.

Nah, sebagai solusi alternatif dari permasalahan di atas, Pyurio mempunyai kiat-kiat jitu yang bisa Anda coba!

1. Alumunium Foil

Ternyata alumunium foil cukup handal dimanfaatkan untuk mengganjal paking knalpot karena tahan terhadap panas. Lipat kertas alumunium foil ini sehingga membentuk tali, kemudian bulatkan membentuk lingkaran. Pasang bulatan ini di antara bagian paking dan pipa knalpot sedemikian rupa.

2. Plastik Steel

Plastik steel juga bisa dipakai untuk menutupi kebocoran pada knalpot motor. Caranya aplikasikanlah bahan ini tepat pada bagian knalpot yang bocor. Jangan khawatir kalau bekas tambalan ini tidak dapat dibersihkan, sebab Anda tetap bisa menghilangkannya dengan mencongkel sedikit saja.

3. Lem Besi

Anda bisa menemukan lem besi dengan mudah di toko-toko bangunan terdekat. Sebelum lem diterapkan, pastikan permukaan knalpot yang akan dilem benar-benar kering terlebih dahulu. Berikutnya campurkan lem hitam dan lem putih secara merata, kemudian tempelkan segera pada bidang yang bocor. Agar hasilnya lebih maksimal, Anda bisa meratakan lapisan lem tersebut memakai tangan. Tunggu beberapa saat sampai lem mengering.

4. Seal Tape Alumunium

Seal tape alumunium alias plester penambal alumunium yang biasanya digunakan untuk memperbaiki kebocoran pada atap, wajan, panci, dan sebagainya juga ampuh diandalkan untuk mengatasi masalah knalpot yang bocor. Lebih bagus lagi bila Anda berhasil mendapatkan Aluminium Muffler Tape yang memang dibuat khusus untuk menambal knalpot. Untuk memasangnya, lepas kertas penutup perekat yang ada di belakang lembaran alumunium ini terlebih dahulu. Setelah itu, tempelkan lembaran tersebut tepat pada lubang yang ada di knalpot untuk menutupinya. Lalu nyalakan sepeda motor selama 25-30 menit supaya Aluminium Muffler Tape ini terkena panas yang tinggi sehingga akan merekat secara permanen.

Komentar

  1. Bs gak seal tape alumunium wat nambal knalpot bahan carbon yg bocor krn retak/pecah?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l