Langsung ke konten utama

Cara Gampang Menyetel Klep Mobil

Bagaimana cara menyetel klep mobil yang gampang? Bagian mobil yang berguna untuk mengatur masuknya gas baru dan keluarnya gas buang sisa pembakaran dari mesin adalah klep (valve) atau katup. Saking pentingnya peran dari klep, kerusakan sdidikit saja pada bagian ini akan mengakibatkan kinerja mesin kendaraan menurun drastis alias ngedrop.

Penyetelan katup secara berkala ialah salah satu solusi untuk menjaga performa mobil kesayangan Anda. Hal ini bertujuan untuk menjaga keselarasan celah yang terdapat pada klep tersebut sehingga efisisensi pencampuran antara bahan bakar dan udara lebih terjamin. Apabila celah klep terlalu sempit, akibatnya terjadi peristiwa salah pengapian atau pengapian balik. Sedangkan jikalau celah katup itu terlalu longgar, bukan tidak mungkin akan timbul suara dan getaran yang berisik.

cara-menyetel-klep-mobil.jpg

Alat yang dibutuhkan :

  • Obeng
  • Kunci Ring
  • Kunci Busi
  • Kunci T 12
  • Feeler Gauge
  • Kain Majun

Langkah-langkah kerja :

  1. Gunakan kunci ring 1/2 mm atau sesuai dengan spesifikasi mobil Anda untuk membuka baut pengunci tutup kepala silinder. Selanjutnya lepaskan bagian seal washer-nya.
  2. Setelah itu, lepaskan selang PCV (Positive Crankcase Ventilation) yang terletak di kop silinder dari klem yang mengikatnya. Kemudian buka tutup kepala silinder secara perlahan-lahan. Kini terlihat barisan beberapa klep dan rocker arm di dalam silinder tersebut.
  3. Untuk dapat menyetel klep mobil ini, Anda bisa memutar bagian puli kruk-as memakai kunci ring 19 dengan arah putaran searah jarum jam. Putar komponen tersebut hingga posisi top 1 dan 4 berada di TMA (Titik Mati Atas). Posisi top dapat dihitung mulai dari coakan pada puli kruk-as saat coakan ini tepat berada di garis nol.
  4. Supaya Anda bisa lebih mudah dalam menentukan posisi top 1 dan 4, pegang dan putar push rod bersamaan. Jika push rod yang ada di silinder 1 dapat diputar dengan gampang artinya posisinya di top 1. Sementara itu, bila ingin memperoleh top 4, cobalah memutar puli sekali lagi sebanyak satu putaran.
  5. Perlu diperhatikan, ketika berada di posisi top 1, Anda perlu menyetel katup isap dan buang pada silinder 1, katup isap silinder 2, dan katup buang silinder 3. Begitupun saat di top 4, bagian yang harus disetel adalah katup buang silinder 2, katup isap silinder 3, serta katup isap dan buang silinder 4.
  6. Ingat katup isap selalu ditandai dengan posisi klepnya yang segaris dengan saluran masuk (intake manifold). Di sisi lain, untuk menentukan katup buang perhatikanlah posisi klep yang sejajar dengan saluran buang (exhaust manifold).
  7. Untuk mengendurkan baut penyetel celah katup, Anda bisa memakai kunci ring 12 dan atau obeng minus. Sedangkan untuk mengukur celah katup, Anda bisa memanfaatkan feeler gauge.
  8. Setel klep tersebut dengan posisi yang paling tepat. Hal ini biasanya ditandai dengan putaran obeng yang terasa mulai berat dan feeler gauge terasa seret ketika ditarik. Pada saat posisi demikian, segera saja kencangkan kembali baut pengikat klep. Jangan lupa juga untuk merakit tutup kop silinder dan selang PVC seperti semula.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l