Langsung ke konten utama

Cara Mengganti Ban Mobil dengan Benar!

Bagaimana cara mengganti ban mobil dengan benar? Secara garis besar, proses penggantian ban mobil tidak terlalu sulit. Yang dibutuhkan hanyalah ketelatenan untuk mengerjakannya sesuai prosedur yang benar. Selain itu, Anda juga perlu mempersiapkan peralatan yang dapat mendukung kelancaran pekerjaan ini antara lain seperti kunci roda, dongkrak, dan alat penurun ban cadangan.

cara-mengganti-ban-mobil.jpg

Simak panduan langkah-langkah kerjanya dari Pyurio di bawah ini!

Alat dan Bahan :

  • Ban cadangan
  • Dongkrak
  • Kunci ring
  • Pencongkel ban

Langkah-langkah :

  1. Mulailah dengan mengaktifkan rem tangan dan mengganjal mobil secara diagonal terlebih dahulu agar posisi mobil tetap diam di tempat. Kemudian periksa tongkat transmisinya. Untuk mobil otomatis, transmisinya harus berada di posisi P dan transmisi untuk mobil manual wajib terletak di posisi N.
  2. Lepaskan ban cadangan dari dudukannya secara perlahan-lahan lalu pindahkan ke bawah bodi mobil berdekatan dengan ban yang hendak diganti. Kendurkan baut penahan roda mobil menggunakan kunci ring yang sesuai dan jangan sampai terlepas.
  3. Posisikan dongkrak di titik yang tepat sesuai petunjuk pada buku panduan pemilik kendaraan. Setelah itu, lakukan pendongkrakan secara hati-hati agar tidak menimbulkan kerusakan.
  4. Langkah selanjutnya adalah melepaskan baut/mur dari roda yang ingin diganti. Berikutnya lepaskan pula roda dari as penahannya. Letakkan roda tersebut di tempat yang aman.
  5. Kini saatnya melepaskan ban luar dari velg dengan menggunakan alat pencungkil ban yang sesuai. Lalu dilanjutkan dengan memasang ban yang baru pada velg, apakah ban luar atau ban dalam. Cek sekali lagi untuk memastikan ban tersebut sudah terpasang dengan benar.
  6. Pasang kembali roda di posisi asnya seperti semula. Putar baut/mur penahan roda searah jarum jam untuk mengencangkan ikatannya sedikit saja. Kemudian turunkan dongkrak pelan-pelan, lalu kencangkan kembali baut/mur tadi hingga tingkat cengkeramannya berkisar antara 10-12 kg. Jangan pernah mengencangkan baut/mur terlalu dalam karena berisiko menyebabkannya patah.
  7. Proses penggantian ban mobil pun telah selesai dilaksanakan. Jangan lupa untuk membereskan dongkrak dan peralatan bengkelnya sekalian ya. Usahakan juga Anda langsung menambal ban yang telah bocor tadi sehinggan bila dibutuhkan sewaktu-waktu kondisinya sudah siap pakai.

Selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l