Langsung ke konten utama

Penyebab Rem Cakram Motor Seret dan Cara Mengatasinya

Apakah penyebab dari rem cakram motor yang menjadi seret? Bagaimana pula cara mengatasi permasalahan ini dengan benar? Tips-tips apa sajakah yang bisa kita lakukan untuk merawat rem cakram agar kondisinya tetap baik?

penyebab-rem-cakram-motor.jpg

Satu dari sekian kerusakan yang bisa menimpa sepeda motor Anda yaitu rem cakramnya seret. Hal ini biasanya ditandai dengan perputaran roda yang menjadi tidak lancar alias tersendat-sendat sehingga pergerakan kendaraan pun terasa lebih berat. Hati-hati, bila tidak segera ditangani, bagian piringan remnya bisa bengkok dan terjepit. Otomatis bakal sangat membahayakan pengendaranya.

Sudah pasti, rem motor yang seret juga menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi boros akibat RPM mesin meningkat. Jadi cepatlah atasi permasalahan pada rem cakram tersebut dengan kiat-kiat berikut ini!

1. Periksa Kampas Rem

Komponen yang pertamakali harus diperiksa karena diduga kuat menjadi penyebab utama rem yang seret ialah kampas rem cakram motor. Perhatikan apakah posisi kampas tersebut terlalu menjepit piringan atau tidak. Jika iya, pantas saja pergerakan roda menjadi terasa berat. Hal ini biasanya terjadi ketika kita menggunakan kampas yang tidak standar atau terlalu tebal. Solusinya cobalah ampelas permukaan kampas tersebut agar sedikit lebih tipis.

2. Cek Kondisi Piston

Tidak ada salahnya Anda juga mencurigai piston sebagai biang kerok seretnya rem cakram. Untuk memastikan keabsahannya, cek pinggiran piston kalau-kalau kondisinya terlalu kering sehingga menyebabkan piston tidak elastis ikut tertarik saat pedal rem ditarik. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah bersihkan kaliper memakai air kemudian usapkan pelumas secukupnya.

3. Perhatikan Kondisi Per, Plat, dan Dudukan Kampas

Kondisi per, plat, atau dudukan kampas yang bengkok juga bisa menyebabkan rem motor seret lho. Hal ini terjadi lantaran jarak antara kampas dan rem menjadi lebih sempit. So, usahakan kemudikan motor Anda dengan cermat serta hindarilah memacunya di jalan yang berbatu dan saat melewat polisi tidur. Namun bila per, plat, atau dudukan kampas sudah terlanjur miring, mau tak mau Anda harus membenarkan posisinya kembali seperti semula.

4. Rem Cakram Kotor

Tunggu dulu, rem yang kotor sanggup menyebabkan perputaran roda menjadi seret? Yap, Anda tidak salah karena kotoran yang masuk ke rem khususnya piston akan mengganggu kinerjanya. Anda bisa membuang angin rem terlebih dahulu untuk mengatasi hal ini kemudian dilanjutkan dengan pembersihan apabila rem masih seret. Namun jika masalah ini masih terus dirasakan, Anda harus membongkar rem cakram lalu mengganti komponen yang rusak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l