Penyebab Rem Cakram Motor Seret dan Cara Mengatasinya

Apakah penyebab dari rem cakram motor yang menjadi seret? Bagaimana pula cara mengatasi permasalahan ini dengan benar? Tips-tips apa sajakah yang bisa kita lakukan untuk merawat rem cakram agar kondisinya tetap baik?

penyebab-rem-cakram-motor.jpg

Satu dari sekian kerusakan yang bisa menimpa sepeda motor Anda yaitu rem cakramnya seret. Hal ini biasanya ditandai dengan perputaran roda yang menjadi tidak lancar alias tersendat-sendat sehingga pergerakan kendaraan pun terasa lebih berat. Hati-hati, bila tidak segera ditangani, bagian piringan remnya bisa bengkok dan terjepit. Otomatis bakal sangat membahayakan pengendaranya.

Sudah pasti, rem motor yang seret juga menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi boros akibat RPM mesin meningkat. Jadi cepatlah atasi permasalahan pada rem cakram tersebut dengan kiat-kiat berikut ini!

1. Periksa Kampas Rem

Komponen yang pertamakali harus diperiksa karena diduga kuat menjadi penyebab utama rem yang seret ialah kampas rem cakram motor. Perhatikan apakah posisi kampas tersebut terlalu menjepit piringan atau tidak. Jika iya, pantas saja pergerakan roda menjadi terasa berat. Hal ini biasanya terjadi ketika kita menggunakan kampas yang tidak standar atau terlalu tebal. Solusinya cobalah ampelas permukaan kampas tersebut agar sedikit lebih tipis.

2. Cek Kondisi Piston

Tidak ada salahnya Anda juga mencurigai piston sebagai biang kerok seretnya rem cakram. Untuk memastikan keabsahannya, cek pinggiran piston kalau-kalau kondisinya terlalu kering sehingga menyebabkan piston tidak elastis ikut tertarik saat pedal rem ditarik. Untuk mengatasi masalah ini, cobalah bersihkan kaliper memakai air kemudian usapkan pelumas secukupnya.

3. Perhatikan Kondisi Per, Plat, dan Dudukan Kampas

Kondisi per, plat, atau dudukan kampas yang bengkok juga bisa menyebabkan rem motor seret lho. Hal ini terjadi lantaran jarak antara kampas dan rem menjadi lebih sempit. So, usahakan kemudikan motor Anda dengan cermat serta hindarilah memacunya di jalan yang berbatu dan saat melewat polisi tidur. Namun bila per, plat, atau dudukan kampas sudah terlanjur miring, mau tak mau Anda harus membenarkan posisinya kembali seperti semula.

4. Rem Cakram Kotor

Tunggu dulu, rem yang kotor sanggup menyebabkan perputaran roda menjadi seret? Yap, Anda tidak salah karena kotoran yang masuk ke rem khususnya piston akan mengganggu kinerjanya. Anda bisa membuang angin rem terlebih dahulu untuk mengatasi hal ini kemudian dilanjutkan dengan pembersihan apabila rem masih seret. Namun jika masalah ini masih terus dirasakan, Anda harus membongkar rem cakram lalu mengganti komponen yang rusak.

0 Response to "Penyebab Rem Cakram Motor Seret dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar