Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor

Bagaimana caranya menyetel pelek jari-jari sepeda motor? Kepopuleran pelek jari-jari di kalangan penggemar kendaraan bermotor kini kembali meningkat. Pasalnya, pelek ini dinilai mempunyai tampilan tersendiri yang lain daripada pelek racing. Apalagi pelek ruji ini juga bisa digunakan dalam setiap modifikasi motor dengan tema apapun.

Sebelum menyetel pelek jari-jari motor, Anda perlu memperhatikan faktor-faktor persiapannya terlebih dahulu sebagai berikut :

  • Selalu pilih pelek sepeda motor dengan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Pelek yang kuat ditandai dari bentuknya yang standar, baik U shape maupun E shape. Jika Anda memiliki kocek yang berlebih, gunakanlah pelek yang telah diakui kualitasnya secara internasional.

  • Gunakan tromol yang asli sesuai dengan standar dari pabrikan motor tersebut. Hal ini disebabkan tromol asli memiliki bentuk yang lebih presisi sehingga akan mempermudah Anda dalam menyetel jari-jari pelek. Di samping itu, tromol asli juga terbukti lebih awet dan tidak mudah oblak, terutama pada bagian rumahnya.

  • Pilih jari-jari yang sesuai dengan ukuran pelek. Jangan sampai kepanjangan atau malah terlalu pendek. Jari-jari yang berukuran terlalu panjang berisiko akan menusuk ban dalam. Begitupun jika ukuran jari-jari tersebut kependekkan, akibatnya ulir ruji pun tidak bisa menancap sempurna ke pelek sehingga gampang patah.

  • Pakai juga laher yang berkualitas bagus untuk mendukung performa dari pelek tersebut. Anda bisa menggunakan produk laher motor yang asli atau laher kualitas kedua asalkan mutunya sudah terpercaya.

cara-setel-pelek-jari.jpg

Bagi Anda yang penasaran dengan proses penyetelan pelek jari-jarik, simak panduan langkah-langkahnya dari Pyurio di bawah ini!

  1. Awalilah dengan memasang jari-jari bagian dalam sisi kanan dan sisi kiri ke pelek. Perhatikan, jari-jari bagian dalam ini berukuran lebih pendek daripada jari-jari bagian lua.
  2. Setelah beres, pasang juga jari-jari bagian luar ke pelek hingga seluruhnya yang berjumlah 36 batang tersebut terpasang sempurna. Selain ukurannya lebih panjang, jari-jari bagian luar ini juga dilengkapi dengan kepala kait yang lebih lebar.
  3. Proses berikutnya adalah memasang bearing roda secara benar. Kemudian dilanjutkan dengan penyetelan pelek sepeda motor.
  4. Periksa pemasangan jari-jari motor untuk memastikannya sesuai dengan setelan aslinya. Usahakan jari-jari ini disetel saling menyilang supaya lebih awet dan tidak mudah bengkok. Biasanya desain pelek sudah dilengkapi alur untuk mendukung pemasangan jari-jari.
  5. Ciri-ciri penyetelan pelek yang bagus ialah hasilnya terlihat rapi, pelek benar-benar center, pelek tidak tergores, dan setelan jari-jari pada pelek tersebut terasa kuat.

Semoga berguna!

0 Response to "Seperti Ini Cara Setel Pelek Jari-jari Sepeda Motor"

Posting Komentar