Langsung ke konten utama

Trik Melepas Bearing Motor yang Susah Dicopot

Bagaimana trik melepas bearing sepeda motor yang susah dicopot? Bearing merupakan komponen yang berfungsi untuk memperkecil gesekan yang terjadi pada saat roda berputar. Ada kalanya bearing mengalami kerusakan sehingga dapat mengurangi kenyamanan selama berkendara. Pengecekannya bisa dilakukan dengan menggoyangkan roda ke kanan dan kiri, apabila terasa ada kelonggaran pada porosnya berarti bearing sudah rusak.

trik-melepas-bearing-motor.jpg

Kerusakan yang terjadi pada bearing motor harus ditangani sesegera mungkin. Jika tak lekas diperbaiki, bukan tidak mungkin kerusakan tersebut akan merembet ke bagian yang lainnya. Salah satu solusinya ialah mengganti bearing yang rusak tadi dengan bearing yang baru.

Pada dasarnya, proses penggantian bearing motor sangatlah mudah. Anda cukup memposisikan motor dengan bertumpu pada standar tengah terlebih dahulu. Kemudian lepaskan roda yang akan diperbaiki bagian bearing-nya, apakah roda depan atau roda belakang. Baru deh setelah itu Anda bisa mulai melepaskan bearing yang menempel pada roda tersebut.

Yap, tidak terlalu sulit memang untuk bisa melepaskan bearing motor ini. Namun bila bearing telah rusak atau berkarat maka semuanya akan berubah seratus delapan puluh derajat. Membongkar bearing dengan kondisi demikian kadang-kadang bisa membuat siapapun bakal merasa jengkel karena part-nya mudah sekali terlepas dan berceceran sehingga mengakibatkan bagian lingkaran luarnya susah dicopot. Mau tak mau banyak orang yang memanfaatkan jalan pintas dengan mengelas bearing yang telah rusak tadi.

Tapi ternyata ada lho trik yang ampuh untuk bisa melepaskan bearing yang telah rusak ini. Prinsipnya adalah dengan mengetok bearing tadi sedemikian rupa menggunakan palu dan kunci T. Di bawah ini panduan langkah-langkahnya yang dapat Anda praktikkan sendiri :

Alat dan Bahan :

  • Kunci T
  • Palu
  • Gemuk

Langkah-langkah :

  1. Pecahkan bagian bearing sepeda motor terlebih dahulu. Lalu keluarkan pelor (bola kecil) yang ada di dalam cincin bearing-nya.
  2. Setelah semua pelor berhasil dikeluarkan, selanjutnya masukkan kembali pelor-pelor tadi ke dalam cincin bearing. Perhatikan pemasangan 4-5 pelor tadi harus diatur jaraknya agar sama rata antar kedua sisinya.
  3. Jikalau kondisi bearing sudah cukup berkarat, disarankan untuk melumasi seluruh bagian bearing termasuk pelornya memakai gemuk secara merata. Dengan begini, Anda bisa mengatur posisi pelor dengan mudah sebelum mengetoknya.
  4. Saatnya proses pengetokan dimulai. Caranya yaitu posisikan velg secara terbalik, berikutnya ketok menggunakan kunci T dan palu dari arah yang berlawanan. Tak lama kemudian bearing dan cincinnya akan gampang sekali terlepas.

Selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l