Langsung ke konten utama

Yuk, Mengenal Sistem Kopling Sepeda Motor

Tahukah Anda, kopling dan komponen-komponen pengoperasiannya termasuk dalam sistem pemindah tenaga sepeda motor. Kopling berfungsi untuk memindahkan tenaga dari mesin ke roda. Proses ini harus dilakukan secara halus tanpa adanya hentakan yang terjadi. Jika tidak, maka akibatnya dapat menimbulkan ketidaknyamanan dalam berkendara dan mesin pun rawan mengalami kerusakan.

Pada dasarnya, sistem pemindah tenaga sepeda motor terdiri atas unit kopling, transmisi, propeller shaft, diferential poros, serta roda kendaraan. Unit kopling dan clutch assembly ini terletak di sebelah ujung paling depan sistem. Prinsip kerjanya yaitu memutus dan menghubungkan aliran gaya, gerak, atau momen yang bersumber dari mesin menuju ke transmisi.

mengenal-kopling-sepeda-motor.jpg

Skema rangkaian kopling bermula dari sumber tenaga yakni mesin sepeda motor ke sistem pemindah tenaga. Selanjutnya rangkaian tersebut akan terhubung dengan unit kopling (clutch) lalu diteruskan melalui bagian differensial ke transmisi, propeller shaft, hingga menuju roda. Adanya kopling memungkinkan pengendara sepeda motor tidak perlu mematikan sumber gerak ketika sedang membutuhkan tenaga gerak.

Terdapat tiga jenis kopling menurut proses pemindahan tenaganya, antara lain

  1. Kopling gesek (friction clutch) adalah kopling yang metode pemindahan tenaganya dilakukan lewat gesekan antara bagian penggerak dan bagian yang digerakkan. Kopling jenis ini banyak diterapkan pada kendaraan ringan seperti sepeda motor dan mobil berkapasitas kecil.
  2. Kopling hidrolis (hydrolic clutch) adalah kopling yang bekerja dengan memanfaatkan takanan hidrolis untuk memindahkan tenaga dan mengatur aliran hidrolisnya. Kebanyakan kendaraan yang menggunakan kopling ini ialah mobil yang telah ditanami dengan transmisi otomatis.
  3. Kopling gerak adalah kopling yang kinerjanya diatur secara manual menggunakan handle/pegangan. Pada saat handle ditarik maka kopling akan terputus, sedangkan ketika handle tersebut dilepas maka kopling akan terhubung kembali.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l