Langsung ke konten utama

7 Cara Memilih Knalpot Racing yang Tepat

Bagaimana caranya memilih knalpot yang bagus? Seiring dengan perkembangan dunia otomotif, ragam knalpot sepeda motor pun kini semakin bermacam-macam. Khususnya knalpot racing, ada begitu banyak produk yang dijual bebas di pasar, mulai dari buatan dalam negeri hingga knalpot yang berkelas internasional. Tentu banyaknya model knalpot tersebut akan mempermudah kita dalam menentukan mana yang paling tepat.

Kebanyakan orang mengganti knalpot motornya dengan knalpot racing lantaran ingin mendapatkan performa kendaraan yang lebih baik. Memang benar, pemilihan knalpot racing yang tepat bisa meningkatkan kinerja sepeda motor. Apalagi bila pemasangannya ditambah dengan penyetelan tertentu. Tidak hanya suaranya yang akan semakin garang, tarikan motor dan lajunya pun bakal kian mantap.

Akan tetapi, pemilihan knalpot racing yang tidak benar juga dapat berujung pada melemahnya performa sepeda motor. Tenaganya malah akan semakin ngedrop dan timbul suara meledak-ledak dari dalam knalpot. Jika terus dibiarkan, cepat atau lambat masalah tersebut akan mempengaruhi mesin serta berujung pada kerusakan serius.

cara-memilih-knalpot-racing.jpg

Itulah kenapa, apabila Anda tertarik menggunakan knalpot yang berjenis racing, selalu pilih knalpot yang mempunyai spesifikasi sesuai kendaraan. Dan berikut tips-tips seputar pemilihan knalpot racing yang bisa Anda terapkan!

1. Pilih Knalpot dari Titanium Karbon

Ada begitu banyak bahan baku yang kerap dipakai untuk membuat knalpot seperti stainless steel, aluminium, dan titanium. Survei membuktikan kalau knalpot titanium memliki mutu yang lebih baik daripada knalpot stainless steel atau pun aluminium. Ini dikarenakan titanium merupakan material yang berbobot ringan dan mampu memberikan perlindungan secara maksimal. Namun Anda jangan terkejut sebab harga knalpot titanium lumayan mahal.

2. Ambil Knalpot yang Orisinil

Membeli produk yang orisinil mempermudah kita mengetahui kualitas yang dimiliki oleh suatu knalpot melalui brand yang menyertainya. Hati-hati, saat ini ada banyak produk knalpot abal-abal yang dijual bebas di pasaran. Meskipun harganya lebih murah, hindari membeli produk kw ini sebab mutunya pasti lebih rendah. Salah satu ciri knalpot yang palsu ialah tidak ada garansi/jaminan kualitas yang melengkapinya.

3. Cek Desain Knalpot

Perhatikan lah desain yang dimiliki oleh suatu knalpot dari mulai ukuran, dimensi, panjang, bentuk lekukan, sampai pengelasannya. Perlu diketahui, knalpot yang mempunyai performa bagus biasanya ditandai dengan bentuk lekukannya tidak terlalu panjang, normal, dan tidak rumit. Meski kelihatannya menarik, knalpot yang berbentuk meliuk-liuk justru akan menghambat keluarnya sisa pembuangan bahan bakar.

4. Ukuran Lehernya Lebih Besar

Sebagai jalur keluar sisa pembakaran mesin, ukuran knalpot berpengaruh besar terhadap performa yang dimiliki motor. Dengan menggunakan knalpot yang mempunayi leher berukuran lebih besar maka aliran pembuangan gas sisa ini pun menjadi semakin lancar. Hasilnya tingkat akselerasi dan top speed motor pun bakal membaik dan suara yang dihasilkannya terdengar ngebas.

5. Leher Knalpot yang Bertingkat

Sebisa mungkin pilih knalpot yang mempunyai leher dengan ukuran bertingkat-tingkat. Wujud leher yang demikian juga akan membantu kelancaran proses pembuangan sisa bahan bakar. Usahakan gunakan knalpot dengan bagian lehernya yang bertingkat, dari mulai yang berdiameter hingga ujungnya semakin membesar.

6. Knalpot yang Dilengkapi Gasswool

Jika knalpot racing yang Anda pakai sekarang bersuara cempreng artinya mutu knalpot tersebut kurang bagus. Biar knalpot mampu mengeluarkan suara bass yang garang, kuncinya yaitu pilih knalpot yang dilengkapi dengan material gasswool. Selalu pilih bahan gaswool yang mutunya bagus, tidak gatal di kulit, dan memiliki daya tahan yang tinggi.

7. Ganti Secara Menyeluruh

Setiap bagian knalpot telah dirancang sedemikian rupa dan diperhitungkan dengan matang agar sesuai dengan bagian lainnya. Jadi penggantian knalpot ini wajib dilakukan secara full-system yaitu mengganti semua part knalpot sekaligus. Tujuannya supaya knalpot mampu menghasilkan performa terbaik dan suara yang enak didengar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l