Langsung ke konten utama

Cara Mengecat Body Motor Menggunakan Kompresor

Bagaimana cara mengecat body motor menggunakan kompresor? Kadang-kadang kita merasa bosan dengan tampilan sepeda motor yang begitu-begitu saja. Pengecatan ulang dianggap sebagai sebuah solusi yang jitu untuk memperbaharui tampilan body motor. Namun ketidaktahuan dalam menggunakan kompresor yang benar sering membuat kita merasa ragu-ragu untuk mengerjakannya sendiri.

Secara prinsip, pemakaian kompresor untuk keperluan pengecatan motor tidak terlalu susah kok. Asalkan mau mempelajarinya, Anda pun dapat mengerjakannya sendiri. Tentu saja, proses pengecatan dengan metode ini membutuhkan teknik dan ketelitian yang tinggi. Ketidakcermatan Anda dalam mengecat justru akan merusak tampilan body kendaraan secara keseluruhan.

cara-mengecat-body-motor.jpg

Kali ini kami berikan panduang pengecatan body motor yang khas dari Pyurio!

  1. Lepaskan masing-masing bagian body motor dari kerangkanya. Kemudian cucilah dengan air sabun hingga bersih dari debu dan kotoran.
  2. Gosok permukaan body motor tersebut dengan ampelas nomor 360 untuk mengikis lapisan catnya. Kemudian lanjutkan dengan mengamplas body tadi menggunakan kertas nomor 600 lalu 1200 sampai permukaannya halus.
  3. Bagian-bagian body motor yang terasa bergelombang, tidak rata, atau berlubang bisa Anda tambal memakai dempul. Setelah itu, usap sekali lagi dengan ampelas nomor 800 hanya pada bagian yang diberikan dempul.
  4. Setelah proses penghalusan body motor rampung, selanjutnya cucilah body motor ini dengan air sabun sampai permukaannya benar-benar bersih. Jemur body tersebut di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering.
  5. Sesudah mengering sempurna, body motor tadi berikutnya dilapisi dengan epoxy secara merata pada seluruh permukannya. Kemudian gosok body ini sekali lagi memakai kertas ampelas nomor 2000. Penggosokan dengan ampelas cukup dilakukan hingga body motor mempunyai permukaan yang rata.
  6. Bersihkan debu ampelas yang menempel di body motor tersebut dengan cara mencucinya di bawah air yang mengalir sebanyak tiga kali. Pastikan sudah tidak ada kotoran yang menempel pada body kendaraan ini. Lantas Anda pun dapat menjemurnya sampai kering.
  7. Cat dasar diaplikasikan pada seluruh bagian body motor. Cat dasar putih mampu memberikan hasil warna yang cerah, sedangkan cat dasar abu-abu akan menciptkan efek warna doff yang garang. Untuk mendapatkan hasil lapisan yang bagus, lakukan penyemprotan dengan gerakan yang searah tanpa diulang-ulang.
  8. Setelah lapisan cat dasar mengering, Anda perlu meratakan kembali setiap lapisannya supaya tidak bergelombang. Caranya yakni menggosok permukaan body tersebut memakai kertas ampelas nomor 2000 dengan tekanan yang sedikit saja dan tipis.
  9. Siapkan cairan cat dengan mencampurkannya bersama thinner. Perbandingan yang dipakai sesuai spesifikasi masing-masing cat, lihat kemasan untuk mendapatkan saran yang tepat. Pilih lah produk cat dan thinner yang berkualitas tinggi agar hasil pewarnaannya pun tampak sedap dipandang.
  10. Teknik pengecatan memakai kompresor yang benar ialah menarik spoit cat cukup sekali saja dengan gerakan searah dan tipis. Jika ingin berpindah dari atas ke bawah, lakukan perpindahan penyemprotan setengah dari lebarnya keluar cat. Hindari mengecat dengan lapisan yang terlalu tebal, pola yang melompat-lompat, atau gerakan bolak-balik.
  11. Guna melindungi lapisan cat supaya tahan lama, Anda bisa mengaplikasikan vernis pada body motor ini. Caranya siapkan vernis terlebih dahulu dengan menggunakan perbandingan 100 clear coat:25 hardener:75 thinner. Kemudian vernis ini ke permukaan body dengan teknik yang sama seperti ketika mengecat.
  12. Proses berikutnya yaitu mengkilapkan warna motor dengan teknik pemolesan. Karena bahan polish ini dapat mengikis lapisan cat, penggunaannya harus dilakukan dengan sangat hati-hati. Caranya masih sama dengan metode di atas, yakni menerapkan polish ini ke body motor secara merata, gerakan searah, dan jangan melompat-lompat.
  13. Sebagai tahap terakhir, Anda bisa melapisi seluruh bagian body motor menggunakan wax sehingga telihat lebih bersinar sekaligus terlindungi dengan baik. Semprotkan wax ke kain microfiber secukupnya. Setelah itu, usapkan kain ini ke permukaan body motor dengan gerakan memutar.

Semoga berguna!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l