Langsung ke konten utama

Kelebihan dan Kekurangan Memakai Knalpot Racing

Apakah kelebihan dan kekurangan dari pemasangan knalpot racing? Istilah knalpot racing mengacu pada knalpot-knalpot yang bukan merupakan bawaan pabrik dan dirancang dengan menghiraukan spesifikasi yang telah ditentukan. Jenis knalpot tersebut biasanya digunakan oleh para pembalap motor. Itulah kenapa, knalpot free flow ini acapkali disebut knalpot racing.

Ada bermacam-macam alasan yang mendasari seseorang untuk mengganti knalpot sepeda motor standarnya memakai knalpot tipe racing. Sebagian besar menilai pemakaian knalpot racing mampu meningkatkan performa mesin kendaraan secara drastis. Tak sedikit pula yang berpendapat kalau knalpot racing memiliki desain yang menarik sehingga penggunaannya bisa meningkatkan pesona sepeda motor.

Walaupun begitu, knalpot racing sering mendatangkan masalah. Suaranya yang bising kerap mengganggu pengguna jalan lain sehingga banyak sumpah serapah yang mereka lontarkan. Pemasangan knalpot yang jauh dari standarisasi yang berlaku ini pun kerap mengakibatkan pengendaranya terkena tilang oleh polisi.

kelebihan-kekurangan-knalpot-racing.jpg

Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mencopot knalpot Anda dan menggantinya dengan knalpot racing, ada baiknya Anda memperhatikan kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

Kelebihan

Kelebihan-kelebihan knalpot racing di antaranya :

1. Meningkatkan Performa Mesin

Memang betul, penggunaan knalpot racing dapat menaikkan kinerja mesin secara signifikan. Hal ini dikarenakan proses pembakaran bbm pada motor tersebut menjadi lebih efisien. Namun dengan catatan, penggantiannya dihitung matang dan dikerjakan oleh tenaga ahli. Sebab bila pemilihan dan pemasangan knalpot racing dilakukan asal-asalan, yang ada justru performa motor bakal menurun dan boros bensin.

2. Desainnya Keren dan Menarik

Sudah tak terbantahkan lagi kalau knalpot racing biasanya dirancang dengan desain yang sangat keren. Banyaknya ragam knalpot yang ada di pasaran juga mempermudah kita dalam menentukan mana yang paling cocok dengan karakteristik sepeda motor. Mau knalpot yang bersudut tajam, berwarna emas, atau berbuku-buku? Semuanya tersedia. Tentu saja, pemakaian knalpot yang menarik akan menaikkan pamor suatu motor.

3. Suaranya Bikin Percaya Diri

Manusia diciptakan dengan sifat dan karakteristik yang berbeda-beda. Ada mereka yang suka dengan kedamaian dan ketenangan, tetapi banyak juga yang hobi memacu adrenalin. Bagi pengendara motor yang berknalpot racing, suara nyaring yang keluar dari mulut knalpot mampu membuatnya bak pembalap sungguhan. Ia pun akan merasa lebih percaya diri dalam memacu kendaraannya di jalan raya.

Kekurangan

Dibandingkan dengan kelebihannya, kekurangan-kekurangan yang dimiliki knalpot racing lebih banyak, di antaranya :

  1. Pemakaian bahan bakar oleh sepeda motor menjadi sangat boros
  2. Suara motor terdengar bising dan mengganggu pengguna jalan lain
  3. Mesin sepeda motor cepat panas sehingga oli perlu diganti lebih singkat
  4. Knalpot racing lambat laun dapat mengendurkan kelep
  5. Mempercepat kerusakan beberapa komponen motor

Jadi pilih mana knalpot standar atau knalpot racing? Sebagai warga negara Indonesia yang baik tentu kita harus patuh pada hukum yang berlaku dengan memakai knalpot yang memiliki spesifikasi sebagaimana mestinya. Boleh-boleh saja menggunakan knalpot racing asalnya hanya ditujukan untuk keperluan balapan motor, bukan pemakaian harian.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l