Langsung ke konten utama

Cara Membuat Knalpot Standar Menjadi Racing

Bagaimana cara membuat knalpot standar menjadi racing? Setiap orang memang mempunyai seleranya masing-masing. Salah satunya dalam hal knalpot kendaraannya. Ada orang yang senang dengan knalpot standar, namun ada pula yang lebih menyukai knalpot tipe racing. Menariknya, ada juga lho pemilik sepeda motor yang suka dengan knalpot original yang performanya menyerupai knalpot racing.

Membobok, itulah istilah yang kerap dipakai untuk menggambarkan upaya mengubah knalpot standar menjadi bertipe racing. Alasannya bermacam-macam misalnya ingin memiliki knalpot free flow yang aman dari razia sampai biaya pembuatannya yang lebih murah daripada harus membeli knalpot racing.

knalpot-standar-menjadi-racing.jpg

Simak langkah-langkah dalam pembuatan knalpot racing dari knalpot standar berikut ini!

  1. Lepaskan knalpot dari kedudukannya.
  2. Belah knalpot tersebut menjadi dua bagian.
  3. Hilangkan beberapa saluran yang berwarna silver dari knalpot untuk menghasilkan semi-free flow. Sedangkan bila ingin menciptakan knalpot free flow, maka Anda harus menghilangkan semua salurannya.
  4. Buat pipa yang baru sebagai penghubung dari bagian pangkal knalpot hingga ke ujung knalpot. Disarankan pakailah pipa yang berdiameter 1,25 inci. Pipa inilah yang nantinya bertugas untuk mendistribusikan udara dari pangkal silincer menuju ke ujung silincer.
  5. Anda bisa menggunakan pipa khusus leher knalpot racing yang berdiameter 1 inci untuk dipasang pada leher bagian pangkal yang menempel ke mesin hingga ke bawah footstep. Selanjutnya pipa tersebut dihubungkan dengan pipa yang memiliki diameter 1,25 inci.
  6. Biarkan pipa yang ada di bagian pangkal tetap menggantung. Kemudian buat lubang pada saluran yang ada di bagian pangkal yang berwarna silver. Setelah itu, buat juga lubang-lubang seperti jaring pada pipa yang baru tadi.

Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l