Langsung ke konten utama

Enam Penyebab Klakson Mobil Tidak Bunyi

Apakah penyebab klakson mobil yang tidak bunyi? Pada kendaraan beroda empat, klakson berguna untuk memberikan peringatan kepada pengguna jalan yang lain tentang keberadaan kita. Mengingat fungsinya yang sangat vital tersebut, klakson yang rusak akan mengakibatkan potensi terjadinya tabrakan yang semakin meningkat.

Jika saat ini klakson pada mobil Anda sama sekali tidak mau berbunyi, Anda harus menenangkan diri terlebih dahulu. Tenang, Anda tidak perlu ke bengkel kok hanya sekadar untuk memperbaiki masalah tersebut. Pasalnya Anda pun dapat mengatasinya sendiri asalkan mengetahui penyebab utamanya.

penyebab-klakson-mobil-tidak-bunyi.jpg

Lantas, apa saja sih hal-hal yang bisa menyebabkan klakson mobil tidak mau berbunyi? Berikut ini faktor-faktor yang patut Anda curigai!

Penyebab 1 : Aki

Pada mobil, aki berperan dalam menjaga energi listrik sekaligus sebagai sumber tenaga yang dibutuhkan oleh klakson agar dapat menghasilkan suara. Apabila komponen ini mengalami soak, akibatnya klakson pun tidak bisa bekerja sebagaimana mestinya. Selain menyebabkan klakson berbunyi rendah sampai tidak berbunyi, aki yang soak juga mengakibatkan mobil tidak bisa distarter elektrik, waktu starter yang lebih lama, dan nyala lampu yang redup.

Penyebab 2 : Kabel

Kabel yang berhubungan langsung dengan klakson juga bisa menjadi penyebab utama tidak berbunyinya klakson mobil Anda. Perlu diketahui, klakson mobil biasanya didukung dengan dua kabel yaitu kabel listrik dan kabel massa. Apabila salah satu dari kedua kabel tersebut terlepas dari kedudukannya, hal ini akan menyebabkan klakson tidak dapat berfungsi normal.

Penyebab 3 : Baut Platina

Baut platina ini biasanya terletak di bagian belakang klakson. Jika posisi baut platina ini berubah, maka dapat dipastikan bahwa klakson tidak bakalan bersuara. Perubahan posisi baut platina tersebut sering kali disebabkan oleh klakson yang terlalu sering digunakan atau benturan yang terlalu keras.

Untuk membetulkan posisi baut tersebut ke kedudukannya semula, Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut ini. Mulailah dengan membuka mur pengunci menggunakan tang. Kemudian putar baut dengan obeng supaya posisinya kembali presisi. Biar semakin sempurna, Anda bisa menyetel posisi baut ini sembari menekan tombol klakson beberapa kali.

Penyebab 4 : Sakelar

Tanpa Anda sadari, sakelar klakson juga bisa menjadi biang kerok bisunya klakson mobil kesayangan Anda. Kinerja sakelar klakson ini akan terganggu jika terdapat karat atau kotoran yang menempel di pemukaannya. Tandanya adalah saat horn pad di kemudi ditekan, namun tidak terdengar suara relay. Untuk membersihkan sakelar tersebut, Anda harus melepaskan rumah sakelar terlebih dahulu. Setelah itu, bersihkan permukaan sakelar menggunakan cairan anti karat dan ampelas yang bertekstur halus.

Penyebab 5 : Relay

Berbeda dengan faktor penyebab sebelumnya, relay yang rusak pun bisa mengakibatkan klakson tidak mau bersuar. Ciri-cirinya yakni jika horn pad yang terdapat di kemudi ditekan dan terdengar suara relay yang terhubung, namun klakson tetap tidak berbunyi. Beberapa penyebab relay tidak bisa bekerja normal misalnya bagian kontak relay kotor, permukaannya berkerak, atau kontak relay yang patah.

Penyebab 6 : Bearing

Kerusakan yang menimpa pada bearing (kolaher) menyebabkan klakson kadang-kadang berbunyi dan tidak berbunyi. Kejadian ini biasanya terjadi manakala setang kemudi diputar atau ketika posisi setir tersebut dibelokkan. Guna memperbaikinya, Anda bisa mengaplikasikan cairan anti karat pada bagian tersebut secara merata.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l