Langsung ke konten utama

Cara Menghitamkan Body Motor yang Pudar

Bagaimana cara menghitamkan body motor yang pudar? Seiring dengan berjalannya waktu, sepeda motor yang tadinya tampak berwarna cerah akan semakin kusam. Apalagi bila motor tersebut sering terkena cahaya matahari langsung dan siraman air hujan, body-nya pun bakalan menjadi pudar. Hal ini biasanya terlihat jelas pada bagian dek serta casing kulit jeruk.

Daripada Anda menyerahkan masalah ini ke tukang servis untuk mendandaninya kembali atau malah membeli sparepart yang baru, kenapa tidak mencoba memolesnya sendiri saja. Tenang saja, bahan-bahan yang dibutuhkan sederhana banget kok dan pastinya dapat dijumpai dengan mudah di rumah Anda. Jadi deh, biaya yang dibutuhkannya bisa dibilang amat murah.

cara-menghitamkan-motor-pudar.jpg

Yuk, pelajari langkah-langkah sebagai berikut!

Cara Pertama

Di dalam cara pertama ini, Anda hanya memerlukan minyak goreng sebagai bahan utamanya. Kemudian siapkan juga kain lap sebagai alat pemoles. Setelah semuanya siap, cucilah sepeda motor Anda terlebih dahulu sampai bersih. Jangan lupa untuk mengelapnya dengan kain microfiber dan mengangin-anginkannya sebentar supaya kering.

Siapkan minyak goreng ke dalam wadah. Celupkan kain lap ke dalam minyak tadi lalu oleskan ke permukaan dek/kulit jeruk. Ulangi sampai seluruh bagian permukaan dek motor tertutupi oleh lapisan minyak. Diamkan sejenak selama 15-30 menit. Setelah itu, seka permukaan dek tadi menggunakan kain yang bersih. Ulangi hingga 3-5 kali untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Kedua

Cara kedua ini bisa dibilang lebih mudah pengerjaannya daripada metode di atas. Bahkan tangan pun akan tetap bersih karena Anda hanya membutuhkan sebuah hairdryer sebagai alat penghitam body motor. Namun tidak sembarang hairdryer bisa digunakan pada metode ini, hairdryer tersebut harus mempunyai tekanan panas yang cukup tinggi. Oleh karena itu, risiko yang ditimbulkannya pun lebih besar.

Sebelumnya kami ingatkan bahwa Anda wajib melakukan langkah-langkah ini dengan hati-hati dan waspada. Sebaiknya body motor yang akan dihitamkan perlu dilepas terlebih dahulu dari kerangkanya. Sehingga Anda pun dapat memanasi body tersebut dengan lebih mudah serta potensi dampak akibat panas dari hairdryer yang menjalar ke bagian motor yang lain juga bisa diminimalisir.

Bagian sepeda motor yang akan dipoles menggunakan hairdryer perlu dilepas dari kerangkanya. Berikutnya cuci bersih bagian tadi menggunakan air sabun, lalu keringkan. Barulah kemudian Anda bisa memanasi permukaannya dengan hairdryer. Atur jarak hairdryer dengan body sekitar 15-30 cm. Lakukan gerakan secara searah dan jangan bolak-balik. Setelah 5 kali proses pemanasan biasanya hasil dari metode ini akan terlihat berupa permukaan yang hitam dan bersih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l