Langsung ke konten utama

Cara Mudah Setting Karburator Motor Drag

Bagaimana cara setting karburator pada sepeda motor drag? Ibarat jantung pada tubuh kita, karburator berperan penting bagi sebuah sepeda motor. Komponen ini berfungsi untuk menyuplai bahan bakar ke dalam mesin sehingga dapat bekerja dengan baik. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memperhatikan pengaturan pada karburator motor kesayangan, baik yang menggunakan mesin 2 tak maupun mesin 4 tak.

Pada dasarnya, proses penyetingan karburator dimulai dengan membongkar komponen ini terlebih dahulu. Barulah kemudian Anda bisa mengatur kebutuhan angin yang diperlukan oleh sepeda motor. Tujuannya agar laju kendaraan tidak terasa mbrebet saat Anda menggeber gas. Sayangnya, proses setting ini masih mengandalkan feeling kita dalam menentukan campuran antara bahan bakar dan oksigen yang sesuai.

setting-karburator-motor-drag.jpg

Nah, berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda kerjakan untuk dapat mengatur karburator sepeda motor yang bertipe drag.

  1. Anda bisa memulainya dengan memutar setelan angin yang terdapat di komponen karburator sepeda motor. Jangan lupa perhatikan efeknya yang timbul pada perputaran mesin. Rasakan settingan tersebut apakah sudah pas atau belum.
  2. Ciri-ciri pilot jet yang terlalu kecil adalah laju motor terasa mengendut-endut dan perputaran grip gas pun tanggung pada saat motor dijalankan. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengganti pilot jet dengan yang baru dan berukuran satu level di atasnya
  3. Sedangkan bila setting pilot jet terlalu besar, maka tanda-tandanya antara lain mesin terasa menahan dan knalpot mengeluarkan bunyi berebet ketika motor diajak berakselerasi/grip gas diputar dari bawah sekaligus.
  4. Jika pengaturan main jet terlalu kecil akibatnya perputaran mesin saat di atas terasa kering dan kecepatan motor pada top speed menjadi statis. Sementara saat grip gas diputar di tempat, mesin motor akan mengeluarkan bunyi yang meraung-raung. Ingat, settingan main jet yang kekecilan tidak berdampak pada knalpot yang berbunyi berebet.
  5. Begitu pula ketika main jet disetting terlalu besar, hal ini akan mengakibatkan perputaran mesin pada grip gas full akan terasa berat. Sedangkan saat disetting di tempatnya biasanya akan menyebabkan suara berebet dari mesin dan knalpot.
  6. Bagaimana jika posisi klip jarum skep terlalu irit? Settingan ini akan menyebabkan gejala mesin yang seolah-olah menjerit seperti kehabisan bahan bakar. Dampak yang sama juga akan terasa pada saat grip gas diputar naik dan turun sekaligus sewaktu rpm di tengah, rpm di tinggi, atau sepeda motor disetting di tempat.
  7. Nah, untuk setting klik jarum skep yang terlalu boros, dampak yang ditimbulkannya yaitu gejala berebet saat motor disetting di tempat dan akan menghilang jika motor dijalankan. Hal ini bakal menyebabkan mesin tidak dapat menjangkau rpm yang tinggi.
  8. Lantas bagaimana sih settingan yang pas? Pengaturan pilot jet, main jet, dan jarum skep yang tepat ditunjukkan dengan berputarnya grip gas tanggung dan naiknya mesin motor seiring dengan diputarnya sekrup angin menggunakan obeng minus kurang lebih sebanyak 1,5 kali putaran.

Selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l