Langsung ke konten utama

Ciri-ciri Komstir Motor Rusak yang Sebenarnya

Apakah ciri-ciri komstir rusak yang benar? Penyebab utama rusaknya komstir (steering head) pada sepeda motor adalah teknik berkendara yang buruk, terutama pada saat melewati jalan yang berlubang dan terjal. Jika Anda kurang tepat dalam menjaga kondisi laju motor akibatnya bola-bola pelor pun menjadi aus. Hal ini biasanya menyebabkan setang terasa lebih berat. Imbasnya adalah ikatan komstir akan semakin kencang dengan sendirinya.

Apabila kerusakan pada komstir tidak terlalu parah, misalnya komstir tersebut hanya kendur, maka Anda bisa memperbaikinya dengan cara mengencangkan ikatan tersebut sampai didapatkan posisi yang pas. Sedangkan untuk mendeteksi kerusakan yang fatal, Anda bisa mengecek kondisi mangkuk komstir dan pelor, apakah ada goresan/pecah atau tidak? Jika iya, berarti Anda harus menggantinya dengan satu set laher komstir yang baru.

ciri-ciri-komstir-rusak.jpg

Lantas, apa saja sih ciri-ciri yang akan muncul jikalau bagian komstir sepeda motor telah rusak?

  1. Kemudi Susah Dikendalikan

Jika pengendalian terhadap kemudi motor Anda kurang maksimal, itu tandanya ada yang tidak beres dari sistem komstirnya. Hal ini mengakibatkan Anda merasa kesulitan dalam membelokkan motor tersebut ke arah kanan ataupun kiri. Laju motor juga terasa agak liar seolah-olah mau membanting karena sulit dikontrol tadi.

  1. Setang Terasa Berat

Komstir yang rusak juga menyebabkan setang terasa berat ketika kita ingin membelokkan arah sepeda motor. Setang bisa bergerak sendiri tanpa arah sehingga terasa kaku. Kadang-kadang suka timbul pula suara gemeletuk saat laju motor ditahan oleh rem depan. Begitu pun di waktu kendaraan melewati jalan yang rusak parah, bunyi gemeletuk tadi akan muncul secara tiba-tiba.

  1. Setang Oblak/Mau Copot

Tanda lain dari kerusakan pada komstir motor ialah setang yang terasa seperti mau copot (oblak). Penyebabnya yaitu komstir sudah tidak sanggup lagi untuk menstabilkan kedudukan setang. Kerusakan ini juga mengakibatkan setang tersebut dapat digerakkan ke depan dan belakang.

  1. Rem Depan Tidak Pakem

Apakah rem depan motor Anda terasa tidak pakem? Hati-hati karena kondisi tersebut merupakan salah satu pertanda dari rusaknya bagian komstir. Yap, jika steering head rusak, maka ada sedikit jeda yang timbul saat kita menggunakan rem depan sebelum roda motor benar-benar berhenti.

  1. Getaran Ban Terasa Kuat

Terkadang komstir yang rusak juga berefek pada getaran roda yang semakin terasa di tangan pengemudi. Hal ini dipicu oleh kondisi setang yang sudah tidak stabil lagi. Setang motor yang seharusnya tetap statis akan berubah menjadi tidak stabil manakala komponen komstirnya rusak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l