Langsung ke konten utama

3 Penyebab Utama Tarikan Gas Motor Berat

Apakah penyebab tarikan gas motor berat? Kadang-kadang kita merasa sepeda motor yang biasa dikendarai menjadi terasa tidak nyaman. Contohnya adalah tarikan gas motor yang tiba-tiba terasa berat. Sebenarnya masalah ini tidak hanya pernah dialami oleh Anda, tetapi juga sebagian besar pengendara motor yang lain pun pernah merasakannya.

Pada dasarnya, ada tiga komponen utama yang mempengaruhi performa mesin kendaraan roda dua yaitu bahan bakar, kompresi, dan kelistrikan. Jika ada salah satu saja dari ketiga komponen ini yang mengalami kerusakan, maka dapat dipastikan sepeda motor tersebut akan bermasalah. Oleh sebab itu, pertama-tama Anda harus mengecek komponen-komponen ini untuk mengetahui kenapa tarikan motor Anda menjadi terasa berat.

tarikan-gas-motor-berat.jpg

Berikut ini ketiga penyebab utama kenapa taikan gas motor terasa berat!

  1. Sistem Bahan Bakar

Pemeriksaan terhadap penyebab utama beratnya tarikan gas motor bisa dimulai dari bagian saluran bahan bakar. Biasanya saluran bahan bakar yang tersumbat sering kali memicu timbulnya permasalahan ini. Perhatikan kondisi karburator, apakah setelannya sudah bagus atau belum? Periksa pula campuran antara bahan bakar dan udaranya untuk memastikan kalau telah sesuai.

  1. Sistem Kompresi

Cek apakah tingkat kompresi sepeda motor tersebut terlalu tinggi atau tidak? Begitu pula bila motor ini sudah pernah turun mesin atau ganti piston, maka bagian klepnya harus dipastikan normal kembali. Apabila setelah diperiksa ternyata kompresi motor terbilang baik, artinya penyebab tarikan yang berat bukan terletak pada bagian ini.

  1. Sistem Kelistrikan

Kalau komponen-komponen yang menyusun dua sistem di atas ternyata sudah dalam keadaan yang bagus, kemungkinan besar sumber masalahnya berada di sistem kelistrikan sepeda motor. Anda bisa melakukan pengecekan pada sistem penggerak dan aksesori motor seperti v-belt atau kabel gas. Bisa jadi kabel atau v-belt tersebut sudah rusak sehingga menyebabkan tarikan gas terganggu.

Jika motor Anda memang terasa berat pada tarikan gasnya, pasti ada salah satu kerusakan yang terletak di sistem bahan bakar, sistem kompresi, atau sistem kelistrikannya. Periksalah bagian-bagian tersebut dengan seksama dan teliti agar bisa menemukan biang keroknya. Anda bisa mempelajari sejumlah artikel kami sebelumnya sebagai panduan dasar pengecekan komponen sepeda motor yang benar. Selamat belajar!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l