Langsung ke konten utama

Penyebab Mobil Mogok Mendadak secara Tiba-tiba

Apakah penyebab mobil yang mogok mendadak secara tiba-tiba? Yakinlah bukan hanya Anda saja yang pernah mengalami mobil mogok di tengah perjalanan. Namanya saja mogok mendadak, tentu pemilik mobil tersebut tidak menyadari adanya gejala permasalahan yang dialami oleh kendaraannya. Bahkan sebagian besar dari mereka mengaku kalau mobilnya sangat mudah distarter pada saat dinyalakan pertama kali.

Memang benar ada banyak sekali faktor-faktor yang dapat menyebabkan mobil mengalami mogok. Sedangkan khusus untuk mobil yang mogok tiba-tiba biasanya disebabkan oleh kerusakan pada komponen-komponen yang sering kali luput dari perhatian kita. Di antaranya yaitu gangguan pada sistem pengapian, kelistrikan, bahan bakar, dan suhu mesin yang terlalu tinggi.

penyebab-mobil-mogok-mendadak.jpg

Untuk lebih jelasnya, kami akan menguraikan beberapa penyebab yang mungkin menjadi biang kerok dari mogoknya mobil Anda.

Penyebab 1. Turunnya Arus Listrik ke Terminal Plus Koil

Mobil yang sudah berumur 5 tahun ke atas bisa mengalami mogok karena arus listrik yang menuju ke koil mengalami penurunan secara drastis. Hal ini mengakibatkan proses pembakaran di dalam mesin tidak bisa terjadi sebab bagian pemantik api tidak memperoleh aliran listrik. Anda bisa memeriksa kondisi kabel distributor tersebut dengan menempelkannya ke bodi mobil lalu cobalah nyalakan starter. Jika muncul percikkan api yang ditimbulkan oleh kabel tersebut, maka kondisinya masih baik. Namun bila kondisi semua kabel bagus tetapi pembakaran tidak ada, mungkin penyebabnya berasal dari koil/platina yang mengalami kerusakan.

Penyebab 2. Lemahnya Arus Listrik yang Dihasilkan Aki

Mobil mogok juga bisa disebabkan karena arus listrik yang dihasilkan oleh aki mobil lemah. Beberapa penyebab lemahnya arus listrik tersebut antara lain posisi kabel di terminal minus atau plus yang kendur, aki sudah kadaluwarsa, dan dynamo ampere atau alternator mengalami aus. Untuk mengeceknya, Anda bisa membersihkan kedua terminal pada aki dan cobalah pasang kembali kedua kabel yang menghubungkannya. Pastikan pula volume air aki tersebut masih dalam volume yang cukup.

Penyebab 3. Ausnya Alternator atau Dynamo Ampere

Fungsi utama alternator pada mobil adalah sebagai pengisi arus listrik ke aki. Jadi bila komponen ini mengalami aus, cadangan listrik yang tersimpan di dalam aki lama-kelamaan akan habis sehingga mengakibatkan mobil mengalami mogok. Kerusakan-kerusakan yang biasa terjadi pada alternator di antaranya gulungan kawat tembaga yang terputus, diode yang terputus, dan kabel berkarat.

Penyebab 4. Kinerja Karburator Tidak Normal

Bagi mobil yang masih menggunakan karburator, bisa jadi mogoknya mobil tersebut disebabkan oleh karburator yang bermasalah seperti klep yang terlalu rapat atau kotor. Misalnya semburan bahan bakar yang terlalu sedikit mengakibatkan proses pembakaran tidak bisa berjalan sebagaimana mestinya. Cara mengeceknya yaitu Anda bisa melepaskan selang bahan bakar dari posisinya, lalu masukkan ujung selang tersebut ke dalam botol. Cobalah lakukan starter pada mobil tersebut. Jika bahan bakar masih mengalir ke dalam botol artinya karburator tersebut tidak rusak, begitu pun sebaliknya.

Penyebab 5. Switcher Starter Telah Aus

Switcher starter merupakan salah satu komponen yang sering luput dari pengecekan. Padahal switcher starter pun dapat mengalami aus. Kerusakan biasanya terjadi pada kabel yang renggang atau logam kontaktor yang aus. Beruntung bila Anda mendeteksi permasalahan pada switcher starter ketika masih di rumah sebab bisa menggantinya sesegera mungkin. Tetapi jika sedang berada di tengah perjalanan, Anda bisa mengatasi kerusakan ini dengan menyambung antara kabel plus dan kabel minus menggunakan peniti.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l