Langsung ke konten utama

Stang Motor Anda Goyang? Ini Penyebab Sebenarnya!

Apakah penyebab sebenarnya stang motor goyang? Ciri-ciri stang motor yang goyang adalah kemudi terasa tidak stabil dan berat sebelah. Hal ini biasanya akan semakin terasa manakala Anda melintasi jalan yang lurus. Tentu saja mengendarai sepeda motor yang dilengkapi dengan stang bergoyang akan sangat berbahaya. Anda bisa kehilangan atas kendali motor tersebut sewaktu-waktu.

Kerusakan pada sepeda motor paling banyak disebabkan oleh jatuhnya motor tersebut dan seringnya motor melintasi jalan yang berlubang. Begitu pula dengan kasus stang motor yang goyang, dua faktor tersebut disinyalir kuat merupakan biang keroknya. Namun tidak menutup kemungkinan sepeda motor yang tidak pernah terjatuh serta biasa melewati jalan yang mulus akan mengalami kerusakan yang sama. Sebab ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan stang motor menjadi tidak stabil.

penyebab-stang-motor-goyang.jpg

Apa sajakah faktor-faktor yang menyebabkan stang motor Anda goyang?

Penyebab 1. Permukaan Ban yang Tidak Rata

Mula-mula Anda bisa mengecek kondisi ban sepeda motor tersebut. Apakah kondisi permukaannya rata atau tebal/tipis sebelah? Cek juga kemungkinan adanya benjolan yang terdapat pada permukaan ban. Kemudian periksa tekanan angin pada ban tadi untuk memastikan kelayakannya.

Penyebab 2. Velg yang Mengalami Bengkok

Velg yang sudah tidak presisi juga bisa mengakibatkan sepeda motor Anda terasa goyang sehingga menganggap sumbernya adalah stang. Anda bisa memeriksa keadaan dari kedua velg motor Anda. Caranya yaitu posisikan motor dengan bertumpu pada standar ganda, lalu putar rodanya. Pastikan velg tersebut masih cukup bagus serta tidak retak atau pun bengkok.

Penyebab 3. Bearing yang Rusak dan Oblak

Anda bisa menemukan bearing di tengah-tengah bagian roda. Lepaskan bearing tersebut. Kemudian lakukan pengecekan untuk melihat kondisinya. Apakah ada bantalan peluru di dalam bearing ini yang sudah pecah. Pemeriksaan juga bisa dilakukan dengan menggoyangkan roda ke kiri dan kanan. Kalau roda terasa oblak artinya bearing motor sudah rusak.

Penyebab 4. Komstir Telah Aus

Komstir merupakan komponen motor yang berperan penting dalam mengendalikan kestabilan gerakannya. Anda bisa menemukan komponen ini tepat di sumbu antara segitiga garpu depan dengan rangka motor. Komstir akan mengalami aus seiring dengan usia pemakaian motor. Akibatnya, komstir menjadi susah digerakkan, tidak bisa berbelok dengan sempurna, dan gerakannya terasa kasar.

Penyebab 5. Shockbreaker Tidak Lurus

Pada sepeda motor, shockbreaker berguna untuk meredam getaran yang timbul dari permukaan jalan bergelombang dan meningkatkan daya cengkeram roda terhadap permukaan jalan. Shockbreaker bisa dikatakan rusak apabila posisinya sudah tidak lurus serta karet bantalnya kendur.

Penyebab 6. Dudukan Stang Tidak Sejajar

Jangan lupa periksa juga dudukan stang sepeda motor Anda. Anda bisa meletakkan motor di atas lantai yang permukaannya rata, kemudian lakukan pengukuran menggunakan fuller. Pastikan posisi dudukan antara garpu kanan dan garpu kiri sudah sejajar. Jika tidak, maka inilah penyebab sebenarnya stang motor Anda terasa goyang.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l