Langsung ke konten utama

Cara Mengganti Oli Mesin di Yamaha Mio J

Bagaimana cara mengganti oli mesin di Yamaha Mio J? Sebagai pabrik sepeda motor, Yamaha tidak henti-hentinya mengeluarkan produk kendaraan motor terbaru untuk pangsa pasar di Indonesia. Masih jelas di telinga kita Yamaha dengan bangganya meluncurkan Mio J pada tahun 2013. Sebagai salah satu motor yang berjenis matic, Yamah Mio J mampu merebut perhatian konsumen dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya.

Buat Anda yang kini sudah mempunyai Yamaha Mio J, Anda harus senantiasa merawat sepeda motor tersebut dengan benar agar performanya tetap stabil. Perawatan berkala yang wajib dilakukan ialah mengganti oli mesin kendaraan. Proses penggantian oli mesin ini setidaknya perlu dikerjakan setiap motor melewati jarak sejauh 2.500-3.000 km. Dengan mengganti oli secara berkala, maka mesin pun selalu terlumasi dengan baik.

mengganti-oli-mio-j.jpg

Jangan khawatir. Anda tidak perlu pergi ke bengkel hanya sekadar untuk mengganti oli mesinnya. Sebab pada dasarnya rangkaian proses ini terbilang sangat mudah, khususnya buat Anda yang memang menyukai dunia otomotif. Simak panduan dari kami berikut ini!

Alat dan Bahan :

  • Oli mesin
  • Kunci T 17 mm
  • Obeng
  • Corong
  • Kain lap
  • Baskom

Langkah-langkah :

    1. Posisikan sepeda motor Yamaha Mio J milik Anda dengan bertumpu pada standar tengah/ganda. Hal ini akan membuat motor tersebut dapat berdiri dengan stabil.
    2. Jika sepeda motor Anda sebelumnya dalam kondisi off, cobalah nyalakan mesin terlebih dahulu selama 5 menit. Upaya ini bertujuan untuk mengencerkan cairan oli sehingga lebih mudah keluar dari dalam mesin. Sedangkan bila sebelumnya motor Anda sudah digunakan, tunggulah selama beberapa saat agar suhu mesinnya lebih rendah.
    3. Perhatikan bahwa posisi baut yang menutupi lubang pengeluaran oli pada Yamaha Mio J terletak seperti pada gambar di bawah ini. Anda bisa melepaskannya memakai kunci T yang berukuran 17 mm. Caranya yaitu masukkan kunci ring tersebut tepat membungkus baut, kemudian putarlah ke arah yang berlawanan dengan jarum jam untuk mengendurkan ikatannya. Lakukan pemutaran dengan sedikit hentakan agar baut tersebut lebih mudah terbuka. Jika sudah kendur, Anda bisa memutarnya dengan tangan sampai baut tadi terlepas.

baut-pengeluaran-oli-mesin.jpg

    1. Gunakan baskom untuk menampung oli bekas yang keluar dari dalam mesin. Tunggu sampai aliran oli bekas tadi benar-benar berhenti. Anda bisa menggoyang-goyangkan bodi sepeda motor ke kanan dan kiri untuk membantu mempercepat aliran oli bekas. Anda pun dapat menyemprotkan angin menggunakan kompresor supaya oli bekas ini lebih cepat keluar.
    2. Setelah semua oli bekas sudah keluar dari dalam mesin, Anda bisa memasang kembali baut penutup lubang saluran keluar. Setelah itu, bersihkan area di sekitar baut dari bekas oli yang masih menempel.
    3. Perhatikan tutup lubang pengisian oli yang ada pada gambar di bawah ini. Anda bisa membuka tutup tersebut memakai obeng minus yang diputar berlawanan arah dengan jarum jam.

baut-pengisian-oli-mesin.jpg

  1. Letakkan corong persis di mulut lubang pengisian oli. Pastikan sekali lagi bahwa posisi corong tadi sudah stabil. Barulah kemudian Anda bisa menuangkan oli baru melalui corong tersebut supaya masuk ke dalam mesin motor. Jika sudah, jangan lupa untuk memasang kembali tutup lubang pengisian oli seperti sedia kala.
  2. Sebelum Anda menyalakan mesin motor Yamaha Mio J untuk memeriksa hasil pekerjaan Anda, bersihkan seluruh area di mesin dari bekas-bekas oli yang menetes di permukaannya. Kerjakan sampai benar-benar bersih untuk mencegah hal-hal buruk yang tidak diinginkan. Kemudian silakan Anda menyalakan mesin motor menggunakan starter manual dan lihat hasilnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l