Langsung ke konten utama

Cara Menyetel Rem Tromol Mobil

Bagaimana cara menyetel rem tromol pada mobil? Rem tromol memegang peranan yang teramat penting bagi sebuah mobil, khususnya pada saat mobil tersebut akan diparkirkan di tempat yang permukaan lantainya miring. Apabila rem tersebut sudah tidak terlalu pakem tentu akan sangat berbahaya apabila memaksakan untuk memarkirkan mobil di tempat yang kondisinya miring.

Jadi upaya penyetelan ulang rem tromol merupakan salah satu bentuk perawatan mobil yang sangat kami anjurkan. Tidak perlu menunggu sampai rem terasa terlalu tinggi saat kita menarik tuasnya atau pun pedal rem di kaki kiri sudah terlalu dalam. Jika kondisinya sudah seperti itu, maka besar kemungkinannya rem tromol tersebut akan mengalami blong. Anda tentu tidak menginginkan kondisi tersebut terjadi kan?

menyetel-rem-tromol-mobil.jpg

Di bawah ini panduan yang bisa Anda ikuti untuk menyetel rem tromol melalui roda belakang mobil.

Alat-alat yang digunakan :

  • Dongkrak
  • Kunci roda nomor 21
  • Kunci shock nomor 12
  • Cairan anti karat
  • Obeng minus
  • Baut ukuran 12 mm

Langkah-langkah pengerjaan :

  1. Taruhlah mobil Anda di tempat terbuka yang memiliki permukaan rata. Untuk meningkatkan keamanannya, jangan lupa mengganjal semua roda agar mobil tidak bisa bergerak sama sekali. Tarik juga rem tangan untuk mengunci posisi mobil.
  2. Gunakan kunci roda nomor 21 untuk mengendurkan mur roda bagian belakang seperlunya dan jangan sampai terlepas. Setelah itu, angkatlah mobil memakai dongkrak sampai posisi roda belakang tidak menyentuh tanah. Demi keamanan, jangan mengangkat roda mobil terlalu tinggi. Cukup sewajarnya saja.
  3. Bukalah mur roda belakang yang tadi sudah dikendurkan memakai kunci. Kemudian Anda bisa membuka roda belakang tersebut.
  4. Setelah roda belakang terbuka dengan baik, Anda bisa membebaskan rem tangan yang tadi pada langkah pertama dikunci. Putarlah posisi tromol lalu semprotkan cairan anti karat melewati celah sedikit yang terdapat di mur dan hub roda. Kebanyakan bagian ini dipenuhi dengan karat sehingga penangannya harus hati-hati biar tidak rusak. Tunggu selama 2-3 menit agar cairan tersebut melumasi permukaan.
  5. Posisikan baut ukuran 12 mm di lubang berulir ukuran 12. Berikutnya putarlah baut tersebut dengan gerakan yang searah jarum jam menggunakan kunci shock nomor 12. Langkah ini akan membuat drum brake tertarik keluar dari dudukannya. Ingat untuk melakukan langkah ini, Anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa posisi rem tangan sudah turun. Sebab jika tidak akibatnya kampas rem akan bengkok karena tertarik dan menekan keras ke tromol.
  6. Lepaskan drum brake dari posisinya. Lalu lepas kembali baut ukuran 12 mm yang sebelumnya kita pasang untuk membantu mengeluarkan/menarik tromol.
  7. Sebelum proses penyetelan kampas rem dimulai, cek terlebih dahulu tingkat ketebalannya. Jika tebal kampas rem kurang dari 1-2 mm, disarankan gantilah kampas tersebut dengan yang baru.
  8. Silakan ambil obeng minus untuk digunakan memutar gigi penyetel ke arah atas. Biasanya saat gigi penyetel ini diputar akan terdengar suara klik. Mulailah memutar gigi penyetel sembari menghitung jumlah bunyi klik yang terdengar. Saat gigi tersebut diputar, posisi kampas rem akan mengambang. Idealnya penyetelan dilakukan hingga terdengar bunyi klik sebanyak 5-10 kali.
  9. Jika sudah, Anda bisa memasukkan kembali drum brake pada dudukannya seperti semula. Namun bila drum brake tersebut tidak bisa masuk, penyebabnya bisa jadi karena kampas rem terlalu keluar akibat Anda terlalu banyak memutar gigi penyetel. Anda bisa mengurangi putaran gigi penyetel ini dengan memutarnya ke arah yang sebaliknya.
  10. Cobalah sekali lagi memasukkan drum brake pada posisinya. Bila sudah masuk, pastikan drum brake tersebut bisa berputar dengan gerakan yang mulus. Jika tidak dipasang dengan baik sehingga gerakan drum brake tersendat-sendat, maka dampaknya akan muncul bunyi dug-dug dari roda belakang ketika mobil mundur.
  11. Pasanglah kembali roda mobil dengan posisi yang benar. Kemudian Anda bisa mengencangkannya menggunakan mur roda yang sesuai.
  12. Kini waktunya Anda untuk memeriksa hasil pekerjaan yang telah dilakukan. Caranya masuklah ke dalam bagian kabin mobil. Selanjutnya tariklah tuas rem tangan. Pekerjaan dikatakan bagus apabila tarikan berada di kisaran 6-7 kali bunyi klik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l