Langsung ke konten utama

Cara Mengendarai Motor Matic di Jalan Menurun

Bagaimana cara mengendarai motor matic di jalan menurun? Kehadiran motor matic langsung menjadi perhatian tersendiri bagi para pengguna sepeda motor. Pasalnya, dibandingkan dengan motor bebek atau motor sport, motor matic jauh lebih mudah dikendarai. Anda hanya tinggal duduk manis di atas jok, memutar posisi kontak ke mode on, lalu menarik tuas gas, maka motor matic tersebut akan langsung berlari.

Namun apakah mengendarai motor matic memang semudah itu? Kenyataannya tidak segampang demikian. Dibutuhkan skill tersendiri untuk bisa menguasai laju sepeda motor matic dengan baik dan benar. Apalagi ketika melewati jalan yang menurun, mengendarai motor matic di turunan bisa dikatakan jauh lebih sulit dibandingkan dengan motor bebek atau motor sport. Terutama dalam penguasaan rem, jika salah dalam mengendalikan rem motor matic di turunan, kemungkinan besar motor tersebut akan terpelanting ke depan.

mengendarai-motor-matic-menurun.jpg

Namun Anda jangan takut dulu karena kami mempunyai kiat-kiat yang berguna untuk mengendalikan motor matic di turunan supaya tetap aman.

  1. Jangan Pernah Mengosongkan Gas

Ini dia kesalahan besar yang banyak dilakukan oleh pengguna motor matic yaitu mengosongkan gas saat melewati jalan menurun. Hasilnya laju sepeda motor justru semakin cepat dan tidak terkendali. Penyebabnya yakni sistem persneling pada motor matic sudah berjalan secara otomatis. Disarankan tetap tarik tuas gas motor Anda dengan kecepatan antara 5-10 km/jam sehingga posisi persneling tidak berada di angka nol melainkan satu sehingga laju kendaraan tetap tertahan.

  1. Gunakan Keempat Jari Tangan

Anda yang pernah melewati turunan menggunakan motor matic pasti sudah tahu bagaimana susahnya melakukan pengereman di jalan yang menurun. Tuas rem sepeda motor terasa semakin berat karena putaran roda semakin cepat. Biar Anda merasa lebih mudah dalam mengerem, jangan gunakan dua atau tiga jari tangan Anda. Pakailah empat jari sekaligus yaitu jari telunjuk, jari tengah, jari manis, dan jari kelingking sedangkan ibu jari tetap berada di tuas rem bagian bawah sebagai penahan. Usahakan hindari mencengkeram handle rem sampai penuh sebab berisiko akan membuat rem menjadi blong, motor kehilangan keseimbangan, atau motor terpelanting.

  1. Perbandingan Rem Depan dan Rem Belakang

Rem depan dan rem belakang pada motor matic harus ditekan secara bersama-sama untuk menahan laju kendaraan di turunan. Disarankan menggunakan rem depan lebih banyak sehingga daya dorong motor ke depan menjadi berkurang. Sementara untuk rem belakang digunakan sebagai penyeimbang agar motor tidak terbanting ke depan.

  1. Terus Gunakan Rem secara Berkala

Iya sih mengerem motor matic di jalan menurun itu capek banget. Cuma kalau Anda berhenti mengerem di turunan, motor Anda bisa terperosok karena kecepatannya meningkat tajam. Pastikan Anda tetap menekan rem secara berkala sehingga laju kendaraan tetap berada dalam kendali Anda.

  1. Pakai Kaki untuk Penyeimbang

Sekali lagi kami ingatkan kalau laju motor matic di jalanan yang menurun bisa sangat tidak terkendali. Pintar-pintar Anda saja dalam menguasai kendaraan tersebut sehingga tetap aman. Bahkan Anda boleh menggunakan kedua kaki untuk menjaga keseimbangan motor tersebut, termasuk memakai kaki sebagai rem tambahan.

Komentar

  1. Makanya saya tidak menyenangi sekali gus tidak mempunyai model motor matic,ttaakkuutt. Harap maklum umur sudah tidak menunjang.

    BalasHapus
  2. Makanya saya tidak menyenangi sekali gus tidak mempunyai model motor matic,ttaakkuutt. Harap maklum umur sudah tidak menunjang.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l