Langsung ke konten utama

Ciri-ciri Kampas Rem Mobil sudah Habis

Apakah ciri-ciri kampas rem mobil sudah habis? Setiap pengendara mobil wajib memperhatikan kondisi kampas rem yang tertanam di kendaraannya. Hal ini tidak lain karena komponen yang kelihatannya sepele tersebut memberikan kontribusi yang besar terhadap keamanan dan keselamatan pada mobil yang Anda tumpangi.

Jangan sampai deh kondisi kampas rem mobil terlanjur rusak sehingga Anda bakal kesulitan dalam memperlambat dan menghentikan laju kendaraan. Bahkan tanpa Anda sadari, kondisi kampas rem yang buruk tersebut juga dapat merusak komponen-komponen di sekitarnya. Pengecekan secara berkala harus dilakukan untuk memastikan kondisi kampas rem senantiasa optimal.

kampas-rem-mobil-habis.jpg

Tidak terlalu sulit kok untuk mengenali kampas rem yang masih bagus atau tidak. Berikut ini ciri-ciri dari kampas rem yang sudah habis khususnya pada mobil :

  1. Injakan Rem Terlalu Dalam

Jika Anda merasa harus menginjak pedal rem cukup dalam untuk memperlambat laju mobil, itu merupakan salah satu pertanda dari ketidaknormalan pada kondisi kampas rem. Penyebab yang paling umum ialah kampas tersebut pernah mengalami overheat sehingga karakteristiknya pun berubah. Penggunaan kampas rem yang berkualitas buruk akan mempercepat terjadinya perubahan sifat pada komponen tersebut. Mengingat ini merupakan masalah yang dapat berakibat fatal, disarankan untuk segera mengganti kampas rem supaya Anda tetap bisa mengendalikan kecepatan mobil dengan baik.

  1. Terdengar Bunyi Decitan

Cobalah Anda menginjak pedal rem, lalu dengarkan bunyi apa yang timbul. Jika muncul suara decitan seperti gesekan antara besi dan besi, besar kemungkinannya kampas rem bagian depan sudah mulai menipis. Adapun bunyi tersebut biasanya berasal dari suatu indikator yang memang sengaja dipasang oleh pihak produsen untuk mengenali kondisi kampas rem. Namun sering pula bunyi decitan timbul karena kondisi permukaan kampas rem sedang kotor. Jadi untuk mengetahuinya dengan pasti, Anda harus membongkar komponen rem terlebih dahulu.

  1. Amati Reservoir Minyak Rem

Kapasitas minyak rem juga bisa dijadikan sebagai salah satu indikator untuk menentukan kondisi kampas rem apakah masih layak pakai atau perlu diganti segera. Apabila kapasitas minyak rem berkurang cukup banyak, hal ini bisa disebabkan oleh kampas rem telah menipis. Semakin tipis ukuran kampas rem, maka semakin keluar pula posisi piston rem karena mengikuti ketebalan kampas tersebut. Akibatnya kapasitas minyak rem yang terdapat di dalam reservoir pun berkurang.

  1. Angkatan Rem Terlalu Tinggi

Selain kampas rem bagian depan, kampas rem bagian belakang juga dapat mengalami kerusakan. Ciri-ciri kampas rem belakang yang sudah habis yaitu Anda harus mengangkat tuas rem tangan dengan posisi yang cukup tinggi dari biasanya untuk dapat mengunci posisi mobil. Tetapi tanda tersebut tidak bisa langsung dijadikan patokan utama karena masalah ini juga bisa ditimbulkan oleh setelan rem belakang yang sudah menjauh.

  1. Rem Terasa Bergetar

Pada saat Anda mengendarai mobil dengan kecepatan yang tinggi, Anda bisa mencoba menginjak peda rem secara perlahan lalu rasakan apa yang terjadi. Jika Anda merasakan posisi pedal terasa bergetar, maka ini bisa menjadi salah satu ciri-ciri kalau kampas rem mulai habis. Terjadinya getaran pada pedal rem dikarenakan permukaan kampas rem tidak rata sehingga cengkeramannya pun tidak sempurna. Cepatlah perbaiki masalah ini karena bila terus dibiarkan maka getarannya akan menjalar ke bagian stir.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l