Langsung ke konten utama

Solusi Mesin Motor Bunyi Klotok-klotok

Bagaimana cara mengatasi mesin motor yang bunyi klotok-klotok? Sepeda motor kini tercatat sebagai kendaraan bermotor yang paling banyak digunakan oleh penduduk Indonesia. Hal ini bukanlah tanpa sebab. Karena sepeda motor dinilai sangat praktis, hemat energi, dan mampu menerjang berbagai kondisi jalanan.

Sepeda motor juga dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan serta memastikan pengendaranya tetap merasa nyaman. Tetapi kendaraan ini pun dapat mengalami masalah. Permasalahan yang paling ditakuti ialah mesin yang mulai mengalami tanda-tanda kerusakan. Akibatnya motor menjadi tidak nyaman dikendarai karena mengeluarkan bunyi yang berisik dan performanya pun menurun drastis.

mesin-motor-bunyi-klotok.jpg

Sebenarnya ada cukup banyak faktor-faktor yang dapat menyebabkan mesin motor berbunyi kasar. Kami akan memberitahukan empat faktor penyebab utamanya :

  1. Kesalahan Pemakaian dan Usia Pakai

Bunyi klotok-klotok pada mesin motor bisa ditimbulkan karena penggunaan kendaraan yang salah, tidak normal, atau terlalu dipaksakan. Di samping itu, usia pakai kendaraan juga mampu mempengaruhi kinerja mesin secara langsung. Kerusakan yang disebabkan oleh kedua faktor ini biasanya mengakibatkan munculnya suara kasar dari bagian depan mesin, di sekitar head dan silinder blok.

Anda bisa memeriksa volume oli mesin terlebih dahulu apakah kekentalannya masih wajar atau tidak. Kemudian cek juga tingkat kerenggangan pada celah klep, jika terlalu longgar akibatnya mesin cepat panas dan terasa kasar. Lalu periksa tingkat kerenggangan keteng atau rantai sebab bila terlalu longgar mesin juga akan terasa kasar. Jangan lupa pula untuk mengecek kondisi klep dan bosh klep untuk memastikannya tidak aus.

  1. Komponen Sudah Aus

Ausnya komponen-komponen penyusun sepeda motor juga dapat menimbulkan suara kasar pada mesin. Hal ini umumnya ditandai dengan terdengarnya suara klotok-klotok dari bagian kanan kendaraan. Penyebabnya antara lain karet pada rumah kopling sudah aus atau justru leher pada gearbox yang telah aus. Sedangkan jika suara klotok-klotok yang muncul di sebelah kanan tadi dibarengi dengan turunnya performa mesin pertanda sepatu ganda kopling serta mangkuk kopling sudah aus.

  1. Tensioner Mengalami Kerusakan

Tensioner yang tengah mengalami kerusakan akan mengakibatkan mesin motor berbunyi klotok-klotok sejak mesin masih dalam kondisi dingin. Anda bisa melakukan pengecekan mulai dari tensioner keteng, LAT, sampai karet tensioner untuk mengetahui kondisinya. Bila sudah tidak layak pakai, segera perbaiki atau ganti dengan yang baru. Bahkan beberapa kasus juga mengharuskan bagian ketengnya pun wajib diganti.

Jikalau Anda berniat mengganti keteng, maka Anda wajib mengganti komponen-komponen penunjang lainnya seperti rol tensioner, lidah tensioner, dan LAT. Sebab bila tidak, cepat atau lambat mesin akan kembali mengeluarkan bunyi kasar sejak awal motor dinyalakan. Walaupun komponen-komponen mungkin terlihat masih layak pakai, tetapi sudah ada beberapa bagian yang menjadi aus dan tidak cocok dengan keteng yang baru.

  1. Seher dan Ring Bermasalah

Penyebab terakhir yang kerap menjadi biang kerok keluarnya bunyi kasar pada mesin sepeda motor ialah seher dan ring. Apabila kedua komponen ini sudah aus atau oblak, akibatnya performa seher dan ring pun tidak bisa maksimal. Hal ini menimbulkan suara kasar yang tentunya dapat mengganggu Anda sebagai penggunanya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l