Langsung ke konten utama

Ciri-ciri Mesin Sepeda Motor 2 Tak

Apakah ciri-ciri mesin sepeda motor 2 tak? Jika ada orang yang betanya kendaraan bermotor apa yang paling tangguh, maka sebagian besar dari kita pasti akan menjawabnya dengan sepeda motor. Alasannya kendaraan roda dua ini memang memiliki ukuran yang pas dengan kemampuan yang handal. Hal ini dibuktikan dengan kemampuan sepeda motor yang sanggup menerjang berbagai kondisi medan.

Berdasarkan tipe mesinnya, sepeda motor dapat dikelompokkan menjadi dua jenis yaitu motor 2 tak dan motor 4 tak. Faktanya hampir semua produsen kendaraan bermotor pernah membuat kedua jenis sepeda motor ini. Jadi keliru sekali kalau ada suatu anggapan bahwa semua motor produksi Yamaha, Suzuki, dan Vespa adalah sepeda motor 2 tak. Sedangkan motor yang dibuat oleh Honda, itulah motor 4 tak yang sesungguhnya.

Sekali lagi kami ingatkan, jadilah konsumen yang cerdas. Sebelum membuat judge terhadap kelebihan dan kekurangan suatu produk sepeda motor, wajib hukumnya bagi Anda untuk mempelajari spesifikasinya terlebih dahulu. Khusus untuk motor yang dilengkapi dengan mesin 2 tak, berikut ini ciri-ciri selengkapnya yang bisa Anda ketahui :

ciri-mesin-2-tak.jpg

  1. Tidak Ada Tutup Katup di Kepala Silinder

Pertama, Anda bisa memulai memeriksa kondisi fisik sepeda motor tersebut. Perlu diketahui sebelumnya, semua mesin 2 tak tidak menggunakan katup pada kepala silindernya. Jadi dapat dipastikan bahwa mesin motor yang tidak dilengkapi dengan tutup katup pada kepala silindernya adalah mesin 2 tak. Anda bisa mengecek ada tidaknya tutup katup ini dari bagian luar mesin.

  1. Gas Buang Berwarna Putih

Tahap kedua, Anda bisa mencoba menyalakan mesin kendaraan tersebut. Apabila gas buangnya berwarna putih, maka kemungkinan besar tipe mesin yang ditanamkan pada kendaraan tersebut merupakan mesin 2 tak. Mesin 2 tak memiliki gas buang yang berwarna putih sebab sistem pelumasannya dilakukan secara langsung dengan mencampurkannya ke dalam bahan bakar. Namun kadang-kadang gas buang dari mesin 4 tak yang sedang bermasalah pun akan berubah menjadi berwarna putih. Tidak ada salahnya Anda melakukan pengecekan sekali lagi.

  1. Suaranya Terdengar Lebih Halus

Ini dia tanda ketiga dari mesin 2 tak sepeda motor. Apalagi kalau bukan suara mesinnya terdengar lebih halus dibandingkan dengan mesin 4 tak. Hal ini tidak lain disebabkan oleh prinsip kerja mesin 2 tak itu sendiri. Pada mesin 2 tak, setiap gerakan dua langkah terjadi proses pembakaran mesin sebanyak satu kali. Tidak sama dengan prinsip kerja pada mesin 4 tak.

  1. Konsumsi Bahan Bakar Lebih Boros

Ciri-ciri keempat merupakan dampak negatif dari prinsip kerja mesin 2 tak. Karena proses pembakaran bahan bakar dilakukan dengan frekuensi yang lebih sering, maka jumlah bahan bakar yang diambil pun semakin banyak. Akibatnya ialah konsumsi bahan bakar yang diperlukan oleh mesin 2 tak bisa dikatakan jauh lebih boros. Bahkan Anda bisa melakukan penghematan pemakaian bahan bakar yang cukup banyak apabila menggantinya dengan mesin 4 tak.

  1. Memiliki Dua Fungsi Pelumasan

Kekhasan yang lain yang dimiliki oleh mesin 2 tak terletak pada fungsi pelumasannya. Semua mesin 2 tak menggunakan fungsi pelumasan sebanyak 2 macam. Di antaranya yaitu pelumasan pertama untuk melumasi ruang engkol, piston, dan dinding silinder. Sementara itu, pelumasan kedua yang bertujuan untuk melumasi transmisi.

  1. Dilengkapi Dua Ring Piston

Tanda terakhir dari sepeda motor yang dilengkapi sistem 2 tak adalah jumlah ring piston yang menyertainya. Tahukah Anda, semua sepeda motor yang menggunakan mesin 2 tak selalu dilengkapi dua ring piston. Antara lain yaitu ring kompresi pertama serta ring kompresi kedua.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l