Langsung ke konten utama

Penyebab Utama Tarikan Motor Matic Bergetar

Apakah penyebab utama tarikan motor matic bergetar? Kenyamanan kendaraan bermotor menjadi prioritas utama yang wajib diutamakan. Sebagus apapun desain sepeda motor tidak akan ada gunanya kalau kendaraan tersebut tidak nyaman saat dinaiki. Hal ini dikarenakan kenyamanan motor secara tidak langsung berpengaruh besar terhadap keamanan pengendaraannya selama di perjalanan.

Bagi Anda yang suka dengan sepeda motor tipe matic, Anda perlu merawat kendaraan tersebut dengan baik. Sebab motor matic pada umumnya lebih rentan mengalami kerusakan jika dibandingkan sepeda motor tipe bebek atau sport. Sayangnya masalah tarikan motor yang bergetar kerap menimpa kendaraan roda dua tipe ini. Pengendara biasanya akan merasakan motornya bergetar saat melaju dengan kecepatan RPM yang rendah.

Tahukah Anda, penyebab utama bergetarnya tarikan sepeda motor matic kesayangan Anda sebenarnya adalah kondisi v-belt yang tidak sehat. Pada motor matic, v-belt merupakan salah satu komponen yang wajib mendapatkan perhatian khusus. Ini tidak terlepas dari fungsi penting dari v-belt pada motor matic sebagai kendaraan bertransmisi otomatis yaitu meneruskan pulley bagian depan dari mesin menuju ke pulley bagian belakang yakni roda.

motor-matic-terasa-bergetar.jpg

Tentu saja, v-belt yang bermasalah akan mengakibatkan tenaga motor matic Anda berkurang drastis. Akibatnya saat Anda berusaha menarik gas, motor akan terasa bergetar cukup hebat. Kerusakan pada v-belt ini harus segera diperbaiki. Jika tidak, kondisinya akan semakin bertambah parah. Bukan tidak mungkin laju motor Anda bakal menjadi tersendat-sendat dan tidak semulus biasanya.

Teknik mengendarai motor matic yang buruk menjadi pemicu pertama rusaknya v-belt sehingga kondisi strukturnya menjadi retak-retak. Tidak jarang, pemilik kendaraan yang terus membiarkan masalah ini mengakibatkan v-belt yang telah rusak tersebut nyaris putus. Kalau v-belt sampai terputus, praktis kendaraan Anda tidak akan sanggup berjalan lagi. Karena pada dasarnya fungsi v-belt mirip seperti rantai pada sepeda motor manual.

Untuk memeriksa kondisi v-belt yang ada di dalam motor matic Anda, perhatikan baik-baik pada bagian rumah CVT. Di bagian ini terdapat komponen-komponen yang penting seperti van belt, weight set, clutch housing, roller CVT, dan CVT spring. Anda bisa mengecek terlebih dahulu apakah masing-masing dari komponen tersebut masih dapat bekerja sebagaimana mestinya. Komponen yang paling rawan mengalami kerusakan biasanya adalah weight set serta clucth housing.

Tidak sempurnanya bentuk weight set atau clutch housing yang tertanam di motor matic Anda karena mengalami aus adalah biang kerok timbulnya getaran saat tarikan awal kendaraan. Cobalah memberikannya pertolongan pertama dengan membersihkan komponen tersebut secara menyeluruh. Jika setelah dibersihkan masalah ini masih tetap terasa, mau tidak mau Anda harus mengganti komponen yang sudah rusak dengan yang baru. Pastikan Anda membeli suku cadang yang asli di bengkel resmi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l