Langsung ke konten utama

3 Penyebab Sepeda Motor Tersendat-sendat

Mengapa sepeda motor menjadi tersendat-sendat? Mayoritas penduduk Indonesia memilih sepeda motor sebagai kendaraan untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Salah satu alasan utamanya adalah hemat biaya. Meskipun harganya mahal, membeli sepeda motor terasa lebih mudah berkat adanya sistem pembayaran kredit. Kebutuhan bensin yang diperlukan oleh kendaraan roda dua ini pun tidak terlalu banyak. Bahkan jika dibandingkan dengan ongkos naik kendaraan angkutan umum, mengendarai motor masih lebih murah dan lebih cepat sampai ke tujuan.

Sama seperti kata peribahasa bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini. Demikian pula dengan sepeda motor yang lambat laun akan mengalami kerusakan pada komponen-komponennya. Masalah yang kerap dikhawatirkan oleh para pengguna motor adalah kinerja mesinnya yang menjadi tersendat-sendat. Hal ini membuat kecepatan lari sepeda motor tersebut pun menjadi tidak stabil. Jika kondisi tersebut terus dibiarkan, mesin akan ngadat/matia dan akhirnya mogok di tengah jalan.

Perawatan dengan melakukan service secara berkala ke bengkel merupakan langkah yang paling tepat untuk mencegah terjadinya masalah ini. Bila Anda sudah rajin membawa motor ke bengkel namun laju motor tetap tersendat-sendat, artinya ada sesuatu yang tidak beres pada komponen sepeda motor tersebut. Anda harus memeriksa kondisi tiga komponen ini seban ditengarai menjadi biang keroknya!

penyebab-motor-tersendat-sendat.jpg

Penyebab 1. Pasokan Bensin Kurang Lancar

Penyebab utama kenapa mesin motor Anda sampai tersendat-sendat ialah tidak lancarnya suplai bahan bakar ke karburator. Hal ini biasanya ditimbulkan oleh kotornya bagian karburator serta selang bensin yang tersambung dengan karburator. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus karburator. Kesalahan dalam penyetelan karburator juga bisa menjadi pemicunya lho. Misalnya Anda ingin motor lebih irit bahan bakar sehingga mengatur pasokan bensin seminim mungkin. Kalau setelan yang Anda lakukan salah maka bensin yang masuk ke ruang bakar pun terlalu sedikit sehingga mengakibatkan proses pembakaran menjadi tidak sempurna. Segera atur ulang setelah karburator secepatnya!

Penyebab 2. Pengapian Kurang Bagus

Kalau Anda merasakan mesin sepeda motor tersendat-sendat hanya pada impresi yang tinggi, maka kemungkinan besar penyebabnya terletak pada sistem pengapian motor yang kurang bagus. Perlu Anda ketahui, ketika motor Anda melaju dengan kecepatan yang kencang berarti perputaran mesinnya pun tinggi . Pada saat kondisi yang demikian ini, mesin motor tersebut membutuhkan percikan api dari busi yang besar dan waktu yang tepat. Kalau kebutuhan pengapian ini tidak terpenuhi, akibatnya perputaran mesin menjadi tidak lancar dan tersendat-sendat. Anda bisa mencoba membersihkan busi terlebih dahulu. Bila masih belum beres, maka Anda harus menggantinya dengan busi yang baru.

Penyebab 3. Pengaturan Jarak Elektroda Salah

Selain busi, faktor lain yang mempengaruhi kualitas pengapian pada sepeda motor adalah komponen elektroda. Pengaturan jarak main elektroda yang salah akan menimbulkan masalah yang serius pada kinerja mesin motor. Apabila posisi jarak elektroda terlalu jauh, maka mesin akan terasa pincang pada putaran yang tinggi. Sedangkan jika posisi jarak elektroda terlalu dekat, mesin tersebut justru akan menjadi pincang pada putaran rendah. Anda bisa mengecek ketepatan posisi jarak elektroda ini dengan membaca buku panduan sepeda motor milik Anda. Kalau mau yang lebih praktis, serahkan saja urusan ini kepada bengkel kepercayaan Anda untuk menanganinya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l