Langsung ke konten utama

Kenapa Mobil Tidak Bisa Distarter?

Apakah Anda sedang bermasalah dengan mobil yang tidak bisa distarter? Kita semua pasti sudah tahu kalau ingin menyalakan mesin mobil harus dengan melakukan starter terlebih dahulu. Tetapi apa jadinya kalau tombol starter sudah ditekan berkali-kali tetapi mesin mobil tetap tidak mau menyala? Tenang Anda jangan cemas karena semua masalah pasti ada solusinya.

Untuk mengetahui apa sih penyebab sebenarnya mobil Anda tidak dapat distarter bisa dilakukan dengan memeriksa gejala-gejala yang muncul. Setiap sumber masalah macetnya starter mobil pasti memiliki beberapa tanda yang berbeda. Jika Anda memperhatikannya dengan baik dan berhasil mengenali gejala tersebut, Anda bahkan bisa memperbaikinya sendiri. Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi tanda-tanda yang sering muncul saat mobil tidak bisa distarter.

mobil-tidak-bisa-distarter.jpg

Beberapa gejala-gejala tersebut di antaranya :

  1. Lampu indikator baterai dan oli yang terdapat di dashboard mobil tidak menyala. Penyebabnya yaitu kotor atau putusnya kabel kecil dan soket putih yang terletak dekat dengan terminal aki. Kemungkinan lainnya bisa jadi bagian kepala aki kotor atau setrum aki sudah terkuras habis.
  2. Lampu indikator baterai dan oli yang ada di dashboard menyala berwarna merah. Tetapi ketika kita mencoba melakukan starter, nyala lampu tersebut meredup. Masalah seperti ini kemungkinan besar disebabkan oleh aki yang telah rusak atau kurang setrum.
  3. Pada saat Anda menyalakan tombol starter terdengar suara gemeretak. Kalau seperti ini, penyebab paling seringnya adalah aki bermasalah yakni sudah rusak atau kurang setrum. Bisa pula dikarenakan kabel ground sudah berkarat.
  4. Ketika Anda mencoba menghidupkan mesin, kemudian suara mesin terdengar lemah. Penyebab dari masalah ini umumnya bushing starter telah aus sehingga mengakibatkan anker starter tidak mampu berputar pada porosnya. Beberapa kemungkinan lain yaitu terjadinya kerusakan pada crank saft, sistem timing, dan lain-lain.
  5. Muncul suara cek satu kali setiap kunci kontak diputar. Biasanya penyebab dari masalah ini antara lain switch starter/solenoid switch tidak berfungsi dengan baik, kunci kontak kotor atau aus, serta adanya kerusakan pada relay.
  6. Bunyi starter di mulai dari suara yang berat, lalu enteng, dan tak lama kemudian mesin bisa menyala. Terjadinya gejala semacam ini kerap ditimbulkan oleh kesalahan dalam proses penyetelan fur dan nadelco.
  7. Mobil susah hidup saat pagi hari, namun ketika siang hari dapat distarter dengan lancar. Penyebab dari masalah ini tidak lain adalah kondisi aki sudah soak/tidak layak pakai sehingga tidak mampu lagi menyimpan energi listrik dalam jangka waktu yang lama.
  8. Mobil bisa distarter ketika pagi, tetapi kalau sudah dipakai cukup lama/mesin panas tidak bisa distarter. Ini menandakan kalau bagian switch starter alias solenoid switch pada mobil Anda sudah rusak.
  9. Anda sudah mencoba melakukan starter namun tidak ada reaksi atau bunyi yang muncul sama sekali. Penyebab-penyebabnya antara lain gulungan starter telah hangus karena terbakar/korslet atau relay starter kunci kontak Anda memang bermasalah.
  10. Ketika Anda melakukan starter mobil tiba-tiba muncul suara dinamo starter yang berputar dan mendesing kencang. Anda harus hati-hati sebab masalah ini biasanya ditimbulkan oleh bagian bendix starter sudah dol.
  11. Kadang-kadang mesin mobil bisa distarter dengan lancar, namun di lain waktu mesin tersebut tidak bisa distarter sama sekali. Gejala semacam ini menunjukkan bahwa bagian carbon brush starter telah pendek.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l