Langsung ke konten utama

Perbedaan Sepeda Motor Injeksi VS Karburator

Apakah perbedaan antara sistem sepeda motor injeksi dan karburator? Semua kendaraan bermotor pasti memiliki sebuah perangkat sistem yang bertugas untuk menyuplai bahan bakar. Sistem tersebut kemudian mengolah bahan bakar sedemikian rupa sehingga menjadi campuran yang akan diteruskan ke dalam ruang pembakaran. Sepeda motor pada mulanya menggunakan sistem karburator sebagai perangkat penyuplai bahan bakar. Namun kini sistem tersebut sudah digantikan oleh sistem injeksi yang diklaim memiliki kinerja yang lebih baik.

Pada dasarnya, perbedaan utama antara sistem karburator dan sistem injeksi terdapat pada proses penghisapan bahan bakar hingga menuju ke ruang pembakaran. Pada sistem karburator hisapan diperoleh dari pergerakan piston di bagian silinder. Sementara pada sistem injeksi, ada injektor khusus yang bertugas menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar. Karena sistem injeksi mampu menyeimbangkan antara volume bahan bakar yang disemprotkan dan kebutuhan mesin, maka proses pembakarannya pun dapat berlangsung secara efisien. Hal ini juga semakin mengukuhkan kalau sistem injeksi lebih irit bahan bakar daripada sistem karburator.

sistem-injektor-dan-karburator.jpg

Untuk lebih jelasnya, sebaiknya Anda tahu kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing jenis sistem sepeda motor tersebut!

Sistem Injeksi

Sistem injeksi dapat mengatur A/F ratio berdasarkan kebutuhan mesin dan kondisi cuaca pada saat ini. Sistem ini juga mampu melakukan pengaturan A/F menurut kadar emisi yang dianjurkan sehingga emisinya jauh lebih baik. Kelebihan lainnya adalah sistem injeksi bisa menyesuaikan diri pada saat kondisi temperatur dan tekanan udara berubah. Jadi penggunaan sistem injeksi akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit karena suplainya akan disesuaikan menurut kebutuhan.

Namun sayangnya harga sistem injeksi ini lebih mahal karena sistemnya rumit dan memiliki banyak komponen. Tata letak komponen-komponen tersebut juga sangat kompleks sehingga para profesional saja yang tahu betul tentang sistem injeksi ini. Selain itu, sistem ini pun membutuhkan perawatan secara khusus dengan teknik tertentu yang harus diberikan secara berkala. Pola perawatan yang Anda berikan pada sistem injeksi tentu akan berpengaruh besar terhadap usia pemakaiannya.

Sistem Karburator

Sistem karburator biasanya dibanderol dengan harga lebih murah dibandingkan sistem injeksi. Namun bila sistem tersebut sudah dilengkapi dengan peralatan yang mumpuni harganya tidak berbeda jauh dengan sistem injeksi. Sistem karburator juga mempunyai komponen-komponen yang jumlahnya lebih sedikit dan tidak terlalu kompleks. Hal ini tentu memudahkan dalam perawatannya. Selain itu, proses servis dan pembersihan ini juga relatif lebih sederhana.

Sementara itu, sistem karburator juga mempunyai sejumlah kelemahan atau kekurangan. Misalnya yaitu proses penyetelan A/F ratio pada mesin ini hanya bisa dilakukan secara manual sekali saja. Dalam proses tersebut juga membutuhkan penyetelan yang tepat agar mendukung semua kondisi, meskipun pada kenyataannya tidak semua kondisi bisa diatasi oleh penyetelan tersebut. Sistem karburator juga membutuhkan alat-alat tambahan untuk mendukung performanya seperti pompa akselerasi, coasting enricher, dan lain-lain. Sedangkan kelemahan utama dari mesin ini adalah kinerjanya kurang efisien sehingga mengakibatkan pemborosan dalam pemakaian bahan bakar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l