Langsung ke konten utama

5 Tips Mengendarai Motor Bebek di Tanjakan

Butuh tips mengendarai motor bebek di tanjakan? Sepeda motor merupakan kendaraan yang sangat bisa diandalkan untuk mendukung aktivitas kita sehari-hari. Bahan bakarnya pun tergolong lebih murah daripada kendaraan bermotor jenis yang lain. Bahkan kalau dibandingkan dengan naik angkutan umum, mengendarai sepeda motor jauh lebih hemat biaya.

Salah satu tipe sepeda motor yang memiliki tingkat peminat paling banyak di Indonesia adalah sepeda motor bebek/injeksi. Alasannya karena sepeda motor ini memiliki desain yang sangat menawan, mudah dioperasikan, performanya tangguh, serta cocok dikendarai oleh pria dan wanita. Motor bebek juga bisa digunakan melibas hampir semua medan jalan dengan sangat baik. Melewati jalan yang menanjak ataupun menurun akan lebih mudah dilakukan memakai motor bebek daripada sepeda motor matic.

mengendarai-motor-bebek-di-tanjakan.jpg

Namun bagi Anda yang masih pemula, kadang-kadang Anda mengalami kesulitan saat melewati tanjakan menggunakan sepeda motor tipe bebek. Penyebab utamanya ialah Anda belum tahu bagaimana teknik mengemudi yang tepat saat melewati jalan menanjak tersebut. Oleh karena itu, silakan cermati kiat-kiat berikut ini yang akan membantu Anda menaklukkan jalan tanjakan!

  1. Untuk bisa melewati jalan tanjakan curam dengan baik, Anda harus pintar dalam memainkan putaran mesin dan posisi gear. Sebaiknya ketika Anda sudah melihat adanya jalan menanjak di depan mata segera ambil ancang-ancang dengan mempercepat laju kendaraan. Pastikan motor Anda sudah berlari kencang saat masih berada di bawah tanjakan.
  2. Lewati jalan yang menanjak tersebut dengan sisa tenaga motor yang sudah dihasilkan saat di bawah. Tidak perlu mengubah posisi gigi terlebih dahulu apabila motor masih dapat melaju dengan baik. Barulah ketika putaran mesin sudah terasa berat, Anda bisa menurunkan gigi ke posisi satu tingkat lebih rendah. Misalnya dari posisi gigi tiga ke gigi dua. Namun bila sudah dalam posisi gigi dua mesin tetap terbebani, Anda bisa menurunkan gigi sekali lagi ke posisi satu.
  3. Ketika melintasi tanjakan, jangan menarik tuas gas terlalu kencang supaya laju motor lebih cepat. Anda tidak akan pernah tahu seberapa panjang jarak tanjakan tersebut dan bagaimana kondisi medan di depan. Jika setelah melewati tanjakan pertama masih ada tanjakan kedua yang kondisinya lebih curam lagi, maka motor Anda masih mempunyai bekal tenaga yang cukup untuk menaklukkannya. Tariklah tuas gas secara perlahan-lahan dan seperlunya.
  4. Motor bebek yang jarang mendapatkan perawatan biasanya susah menaklukkan tanjakan curam meskipun posisi gigi sudah diletakkan di gear pertama. Hal ini dikarenakan mesin sepeda motor tersebut sudah loyo akibat bocornya kompresi ruang bakar atau kampas kopling yang aus. Solusinya adalah arahkan laju motor Anda sedikit ke kanan dan ke kiri secara berulang-ulang, jangan lurus ke depan. Dengan membuat kelokan-kelokan seperti ini, beban motor pun menjadi lebih kecil sehingga tetap bisa melewati tanjakan.
  5. Pada dasarnya, motor bebek dapat melewati jalan yang menanjak dengan membuat rasio perputaran mesinnya kecil dan menerapkan gear dengan mata yang lebih besar. Jadi silakan turunkan posisi gigi dengan menekan pedal gear belakang. Semakin curam kondisi tanjakan yang akan dilewati, semakin ringan pula rasio yang dibutuhkannya. Tetapi jika kondisi tanjakan tidak terlalu curam, Anda tetap bisa mengandalkan gigi keempat untuk membuat motor lebih mudah dan lebih cepat menanjak.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l