Mobil Matic Mogok Bisa Didorong Asalkan...

Apakah mobil matic yang mogok boleh didorong? Sebagai pemilik kendaraan roda empat yang notabene harganya mahal, sudah sepatutnya Anda bersikap cerdas. Meskipun ada banyak sekali informasi tentang tips dan trik perawatan mobil di luar sana, Anda harus bisa memilihnya mana yang benar dan mana pula yang salah. Sebab kenyataannya tidak sedikit informasi menyesatkan yang beredar di luar sana.

Salah satu informasi menyesatkan yang populer ialah mobil matic tidak boleh didorong/diderek saat mengalami mogok. Jika dipaksakan mendorong mobil matic ketika mesinnya mati bisa menimbulkan kerusakan yang sangat fatal. Alasannya yaitu pelumasan komponen-komponen di transmisi otomatis sangat mengandalkan cairan hidrolis/minyak transmisi otomatis. Yang mana cairan hidrolis ini hanya akan bersirkulasi pada saat mesin dihidupkan karena membutuhkan pompa hidrolik sebagai penggeraknya.

mobil-matic-mogok-didorong.jpg

Informasi di atas benar-benar akan menyesatkan para pemilik mobil matic. Pasalnya mereka pasti akan merasa takut menggeser mobil maticnya yang mogok di tengah jalan, walaupun posisinya tidak aman. Memang betul sirkulasi cairan hidrolis untuk melumasi komponen-komponen mesin dalam sistem transmisi bergantung pada pompa hidrolik. Tetapi faktanya adalah sistem transmisi tersebut sama sekali tidak akan mengalami kerusakan apabila mobil matic dipindahkan ke tempat lain ketika mesinnya mati.

Biar Anda semakin yakin untuk memindahkan mobil matic yang dalam keadaan mesin mati, silakan ikuti tiga tips berguna di bawah ini!

  1. Mobil matic seratus persen aman kalau hanya sekadar didorong atau digeser dari posisi tengah jalan ke bagian tepi jalan atau tempat aman lainnya. Sistem transmisi di dalam mobil matic tersebut tidak akan mengalami kerusakan atau gangguan apapun.
  2. Mobil matic juga boleh sekali diderek menuju ke bengkel terdekat. Asalkan jarak tempuh penderekan mobil tersebut sudah sesuai dengan ketentuannya. Proses penderekan mobil juga harus dilakukan hati-hati serta tidak melewati kecepatan yang telah disarankan.
  3. Hal lain yang tak boleh dilupakan ialah posisi tuas transmisi yang aman ketika mobil matic hendak diderek. Pastikan posisi tuas transmisi mobil matic tersebut dalam kedudukan di N (netral) ketika didorong/diderek.

0 Response to "Mobil Matic Mogok Bisa Didorong Asalkan..."

Posting Komentar