Langsung ke konten utama

Penyebab Ban Mobil Pecah di Tengah Jalan

Apa penyebab ban mobil tiba-tiba pecah di tengah jalan? Ada banyak masalah yang dapat menimba mobil kesayangan Anda. Salah satunya yaitu pecahnya ban mobil tersebut yang terjadi secara tiba-tiba. Kenyataannya masalah ban mobil yang pecah bisa menimpa semua ban, tidak peduli bagaimana pun kondisinya. Bahkan ban yang masih tergolong baru, permukaannya mulus, dan tebal juga bisa mengalami masalah yang sama.

Kesalahan Anda dalam membeli ban mobil merupakan faktor utama yang menjadi pemicunya. Ban yang baru Anda beli bukan berarti bahwa ban tersebut memang benar-benar baru. Ada kalanya ban sudah melewati masa kadaluwarsa sehingga performanya sudah tidak layak digunakan lagi. Kesalahan lainnya yang kerap dilakukan ialah memilih ban yang ukurannya tidak sesuai dengan velg sehingga menimbulkan tekanan yang sangat kuat. Malasnya pemilik merawat ban mobil juga bisa menyebabkannya gampang pecah.

penyebab-ban-mobil-pecah.jpg

Berikut penyebab-penyebab yang bisa menjadi biang kerok pecahnya ban mobil Anda di jalan :

  1. Ban sudah Kadaluwarsa

Tidak hanya wanita, para pria pun akan mudah tergoda oleh produk yang sedang didiskon. Apalagi kalau produk tersebut berhubungan dengan ban kendaraan roda empat miliknya. Padahal biasanya produk ban yang didiskon itu memiliki kualitas yang lebih rendah. Anda harus mencermati tanggal pembuatan ban tersebut. Kalau tidak tahu, tanyakan langsung kepada penjualnya. Ban baru yang terlalu lama disimpan meskipun belum pernah dipakai membuat kondisinya menjadi getas dan kering. Rajutan kawat penyusunya mudah terputus hingga menyebabkan ban pun bisa pecah tiba-tiba.

  1. Memilih Ban yang Tidak Sesuai

Boleh-boleh saja Anda melakukan modifikasi pada mobil asalkan dilakukan dengan penuh perhitungan. Jika Anda memaksakan diri memakai ban yang tidak sesuai dengan velg, ukurannya kebesaran atau kekecilan, akibatnya beban yang ditahan dinding ban tersebut pun terlampau berat. Karena ban terus-menerus mendapat tarikan yang sangat kuat, ban pun akan mengalami retak, benjol, hingga pecah.

  1. Jenis Ban yang Salah

Kebanyakan orang tidak terlalu peduli dengan jenis ban yang terpasang di mobilnya. Padahal produk ban sendiri terdiri dari berbagai jenis dengan peruntukan yang berbeda-beda. Sebagai contoh, mobil city car umumnya dilengkapi ban berukuran kecil yang sesuai dengan karakteristik jalan di perkotaan. Bila Anda menggunakan mobil tersebut ke luar kota yang kondisinya jalannya buruk, ban yang kecil ini bisa mendapatkan tekanan sangat besar hingga menyebabkannya pecah.

  1. Ukiran Ban Jarang Dibersihkan

Dalam merawat ban, Anda pun perlu membersihkan bagian ukirannya. Sebab celah ukiran ban tersebut cukup lebar hingga dapat membuat kerikil-kerikil tajam melekat di permukaannya. Sedikit demi sedikit kerikil ini akan memutus rajutan kawat penyusun ban hingga membuatnya tipis. Saat kondisi rajutan kawat ini sudah sedikit, berkarat, dan getas, maka risiko ban pecah akibat terkoyak dan sobek pun semakin besar.

  1. Tambalan yang Tidak Betul

Proses penambalan ban mobil biasanya dilakukan dengan metode tusuk alias string tubeless. Sebenarnya model penambalan seperti hanya diperuntukkan pada kondisi darurat/sementara waktu. Pasalnya ban yang ditambal dengan teknik tusuk gampang bocor lagi. Ketika ban bocor, udara di dalamnya pun berkurang sehingga memperkeras gesekan antara ban dan permukaan jalan. Lalu karena salah satu sisi ban tidak mampu menopang bobot mobil, akibatnya ban pun pecah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l