Langsung ke konten utama

5 Penyebab Motor Brebet dan Cara Mengatasinya!

Apakah penyebab-penyebab sepeda motor brebet? Bagaimana pula cara mengatasi sepeda motor yang brebet? Ada banyak sekali jenis sepeda motor yang telah dikeluarkan oleh perusahaan otomotif saat ini. Semuanya mempunyai kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda satu sama lain. Tak terkecuali dengan sepeda motor yang memiliki sistem pembakaran injeksi. Walaupun sudah dilengkapi dengan perangkat injeksi, faktanya masih ditemukan motor injeksi yang mengalami masalah tarikan gas tidak stabil alias brebet.

Tarikan mesin yang tak stabil tentu mengakibatkan tenaga sepeda motor injeksi tersebut menjadi loyo. Kalau sudah begini, rasa berkendara pun tidak nyaman. Mungkin Anda juga sekarang sedang mengalami masalah yang serupa? Anda harus tahu bahwa ada begitu banyak faktor yang menyebabkan brebetnya motor kesayangan Anda. Dari kesemuanya faktor tersebut, setidaknya terdapat 5 faktor yang paling sering menjadi biang keroknya. Apa sajakah faktor-faktor penyebab tersebut?

cara-mengatasi-motor-brebet.jpg

  1. Jarak Renggang Busi Tidak Tepat

Agar dapat bekerja dengan baik, mesin sepeda motor membutuhkan busi yang memiliki pengaturan tingkat kerenggangan yang sesuai. Setiap ukuran kerenggangan tersebut akan mempengaruhi suhu pengapian busi. Jadi secara langsung juga bakal berpengaruh terhadap pembakaran bahan bakar dan udara di dalam mesin. Semakin besar kerenggangan busi, maka semakin besar pula percikan api yang tercipta. Namun busi yang terlalu renggang dapat menyebabkan keretakan pada insulator. Sebaliknya bila terlalu kencang berisiko mengakibatkan patahnya ulir.

  1. Kondisi Saringan Udara Terlalu Kotor

Filter udara pada sepeda motor berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam ruang bakar agar bebas dari partikel-partikel kotoran. Hal ini membuat campuran antara bahan bakar dan udara menjadi sempurna. Jika kondisinya cukup kotor, maka filter udara tadi tidak akan bisa bekerja secara maksimal. Hal ini berakibat pada tarikan motor yang menjadi berat/tidak stabil. Salah satu tanda filter udara yang kotor adalah matinya mesin kendaraan apabila didiamkan selama beberapa saat.

  1. Setelan Klep Tidak Benar

Setelan klip ini sangat mempengaruhi tekanan kompresi di dalam ruang pembakaran. Apabila setelannya terlalu rapat, akibatnya posisi klep tersebut menjadi cepat membuka dan lama menutup. Sedangkan bila setelannya terlalu renggang, klep akan terlambat membuka dan cepat menutup. Jika kesalahan ini terjadi pada bagian klep masuk, maka campuran bahan bakar dan udara yang masuk berlangsung cepat. Sehingga dalam sekali kerja, jumlah campurannya sedikit.

  1. Sensor Injeksi Sudah Rusak

Bahan bakar akan disemprotkan ke dalam ruang pembakaran oleh injektor dengan cara mengubah bahan bakar menjadi kabut terlebih dahulu. Namun penggunaan bahan bakar yang kualitasnya tidak bagus dapat menyebabkan kondisi injektor menjadi sangat kotor. Tentu saja hal ini akan berpengaruh terhadap kualitas semprotan bahan bakar yang dilakukannya. Salah satu dampaknya yaitu tarikan gas motor terasa tidak stabil.

  1. Putaran Stasioner Mesin Tidak Standar

Kedengarannya sangat sepele, tetapi putaran stasioner mesin yang kurang dari standar juga bisa menjadi pemicu brebetnya sepeda motor kebanggaan Anda. Kasus ini dapat terjadi lantaran putaran stasioner yang terlalu rendah mengakibatkan kinerja komponen-komponen penyusun mesin tersebut menjadi lemah. Efeknya tarikan gas motor menjadi tidak stabil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l