Langsung ke konten utama

6 Penyebab Motor Mogok Saat Mesin Panas!

Apakah penyebab motor mogok saat mesin panas? Siapa pun orangnya pasti tidak ada yang mau kalau sepeda motornya tiba-tiba mogok di tengah jalan. Selain pastinya merepotkan, bakal sangat berbahaya kalau motor tersebut mogok di jalan yang kondisinya sepi. Keselamatan Anda dan kendaraan yang akan menjadi taruhannya. Perawatan tepat secara berkala akan mencegah kejadian buruk ini menimpa kendaraan bermotor Anda. Sebagai antisipasi, Anda juga harus tahu penyebab-penyebabnya.

Paling tidak ada enam faktor yang dapat mengakibatkan motor yang sedang asyik Anda kendarai tiba-tiba mengalami mogok saat kondisi mesinnya sudah sangat panas. Namun setelah didiamkan sebentar untuk menurunkan temperaturnya, mesin tersebut bisa menyala kembali. Mulai dari penggunaan jenis bahan bakar yang salah hingga kondisi tutup tangki yang sudah tersumbat bisa menjadi biang keroknya. Tetapi kalau mesin motor Anda mati total sehingga tidak bisa distarter lagi, mau tidak mau Anda harus membawanya ke bengkel.

motor-mogok-mesin-panas.jpg

Penyebab 1. Bahan Bakar Beroktan Rendah

Bahan bakar yang mempunyai nilai oktan tinggi akan membuat proses pembakarannya berlangsung lebih sempurna dengan tingkat polutan yang kecil. Jadi isilah motor kesayangan Anda dengan bahan bakar yang ideal. Kalau perlu, gunakan bahan bakar dengan kadar oktan tinggi seperti Pertamax dan Pertamax Plus. Sebaliknya pemakaian bahan bakar beroktan rendah akan memperbanyak jumlah timbal yang dilepaskan dari sisa proses pembakaran sehingga dapat menyumbat klep.

Penyebab 2. Kondisi Filter Udara Kotor

Komponen ini tentu saja berfungsi sebagai filter/penyaring udara yang masuk ke dalam ruang bakar. Partikel-partikel debu dan kotoran yang terdapat di udara akan ditahan oleh komponen ini sehingga kondisi udara yang masuk pun lebih bersih. Jika proses pembakaran tidak sempurna akibat udara yang digunakan kotor, dampaknya mulai dari tarikan gas motor menjadi lebih berat sampai mesin yang mendadak mati. Pembersihan filter udara secara rutin dapat mencegah sepeda motor Anda tiba-tiba mogok.

Penyebab 3. Setelan Klep Kurang Benar

Ketidaktepatan dalam menyetel klep tidak hanya bisa mengakibatkan motor tiba-tiba mati, tetapi juga mempercepat terjadinya kerusakan klep tersebut. Hal ini umumnya terjadi apabila setelan klep terlalu rapat sehingga menyebabkan mesin cepat panas tetapi akselerasinya lemah. Segera perbaiki kesalahan ini supaya dampaknya tidak merembet ke komponen yang lain. Lakukan penyetelan saat kondisi mesin masih dingin sesuai standar spesifikasinya. Jika Anda kurang percaya diri, mintalah bantuan dari bengkel terdekat.

Penyebab 4. Mesin Mengalami Overheat

Salah satu penyebab overheat pada mesin motor yaitu tersumbatnya aliran oli di dalam mesin. Hal ini membuat panas yang timbul dari gesekan antara piston dan liner boring tidak bisa diredam. Akibatnya ring piston menjadi kering sehingga mesin pun mati secara mendadak. Tunggulah sampai mesin benar-benar dingin kembali untuk memperbaikinya. Kemudian lepaskan busi untuk memasukkan oli yang baru melalui lubang busi tersebut. Tujuannya untuk melumasi piston yang tadinya tersumbat. Setelah itu, coba nyalakan mesin.

Penyebab 5. Komponen Pengapian Mati

Semua komponen penyusun sepeda motor mempunyai masa pakai yang berbeda-beda. Tidak terkecuali dengan komponen pengapian yang terdiri dari busi, koil, CDI, sepul, dan sebagainya. Ruang pembakaran membutuhkan percikan api dari komponen pengapian tadi untuk membakar uap bahan bakar. Dari proses pembakaran tersebut lah nantinya dihasilkan daya gerak yang dibutuhkan oleh sepeda motor untuk dapat bergerak. Jika pengapiannya saja sudah mati, jelas pembakaran pun tidak bakal terjadi.

Penyebab 6. Tutup Tangki Tersumbat

Kadang-kadang masalah yang kelihatannya sepele pun dapat mengakibatkan dampak yang sangat fatal. Contohnya adalah tersumbatnya lubang ventilator pada tutup tangki yang bisa menjadi penyebab motor mogok saat mesin panas. Kasus ini bisa terjadi lantaran jika lubang ini sampai tersumbat, maka sirkulasi udara menjadi tidak lancar. Efeknya yaitu bahan bakar tidak akan mengalir dengan baik. Solusinya bersihkan tutup tangki tersebut memakai kompresor.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l