Langsung ke konten utama

Tanda-tanda Kompresor AC Telah Rusak

Bagaimana tanda-tanda kompresor AC yang telah rusak? Meskipun pada awalnya hanyalah sebagai perangkat tambahan, kenyataannya AC kini menjadi perangkat yang begitu penting di dalam mobil. Adanya AC membuat kondisi udara di dalam kabin mobil menjadi lebih sejuk dan segar sehingga rasanya pun sangat menyenangkan. Anda yang tengah mengendarai mobil ber-AC akan merasa lebih nyaman dan lebih fokus dalam mengemudikannya.

AC membutuhkan perawatan secara maksimal untuk menjaga performanya tetap dalam kondisi bagus. Jika tidak dirawat dengan baik, kinerja perangkat tersebut lambat-laun akan semakin melemah. AC yang tadinya sanggup menghembuskan udara dingin yang terasa begitu menyegarkan menjadi seolah-olah tidak bertenaga. Ini merupakan sebuah pertanda penting adanya kerusakan yang dialami oleh AC tersebut.

tanda-ac-mobil-rusak.jpg

Di bawah ini ciri-ciri kompresor AC yang rusak, antara lain :

  1. AC Mengeluarkan Bunyi yang Kasar

Suatu saat Anda mengubah posisi tombol AC ke 1, 2, dan 3. Lalu sayup-sayup terdengar suara agak kasar dari dalam perangkat AC tersebut. Berikutnya Anda coba menggeser posisi tombol AC ke off kembali. Sejurus kemudian suara di balik bagian kap AC pun kembali normal. Suara kasar atau diistilahkan sebagai ngorok tersebut merupakan sebuah pertanda pasti rusaknya kompresor AC. Suara timbul akibat gesekan antara komponen-komponen penyusun AC. Penyebabnya antara lain oli kompresor habis atau tinggal sedikit, kondisi piston sudah aus, posisi trush bearing terlalu longgar, serta posisi as yang kurang presisi.

  1. Kompresi AC Sudah Berkurang

Seharusnya performa perangkat AC tidak terpengaruh oleh kinerja mesin mobil. Jika kompresi AC tersebut bekerja sesuai dengan kecepatan putaran mesin, maka tandanya ada sesuatu yang tidak beres dari perangkat tersebut. Sebagai contoh yakni hembusan angin yang dihasilkan AC tidak terlalu dingin pada saat putaran mesin berada di RPM yang rendah. Namun ketika RPM mesin dinaikkan hingga mobil dapat melaju lebih cepat seketika hembusan yang dikeluarkan AC menjadi dingin. Hal ini biasanya berkaitan dengan masalah power pada AC tersebut.

  1. Performa AC Melemah secara Bertahap

Freon merupakan bagian paling penting dari perangkat AC. Tanpa freon, AC tidak mampu menurunkan suhu udara. Sebenarnya freon yang terdapat di dalam AC tidak akan berkurang sedikit pun asalkan tidak bocor. Jika wadah tempat peletakannya bocor, freon akan berkurang sedikit demi sedikit. Akibatnya sudah bisa ditebak yaitu udara yang dihasilkan oleh AC semakin tidak dingin. Biasanya freon akan habis total dalam kurun waktu 1-6 minggu sejak terjadinya kebocoran tergantung ukuran lubangnya. Anda harus waspada terhadap kemungkinan ini sebab AC yang dibiarkan kehabisan freon akan cepat rusak. Pelajari cara mengecek freon pada AC mobil!

  1. AC Tiba-tiba Berhenti Beroperasi

Kasus ini umumnya terjadi pada mobil yang sering melintasi kondisi jalan yang macet sampai jalan yang padat merayap. Hal ini memaksa mesin untuk bekerja di RPM yang rendah terus-menerus. Ciri-cirinya yaitu udara kabin yang semula terasa dingin tiba-tiba menjadi panas karena AC ternyata berhenti beroperasi sendiri. Bila Anda mencoba mematikan AC tersebut selama beberapa saat lalu menyalakannya lagi, maka AC pun bekerja normal kembali. Tetapi setelah udara di kabin cukup dingin, AC akan nonaktif lagi.

Anda harus memperhatikan kondisi AC yang ada di dalam mobil dengan baik. Apabila AC tersebut mengalami tanda-tanda kerusakan seperti di atas, segeralah ambil tindakan yang serius untuk menanganinya. Jangan pernah mengabaikannya karena dapat merembet ke bagian mobil yang lain. Biaya perbaikan kompresor AC yang sudah jebol biasanya sekitar Rp 2-3 juta. Sedangkan untuk biaya penggantian perangkat baru bisa mencapai lebih dari Rp 5 jutaan. Jadi sebelum AC di mobil Anda mengalami kerusakan, berikanlah perawatan yang serius secara rutin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l