Langsung ke konten utama

Cara Memperbaiki Kaca Spion Motor yang Loyo

Bagaimana cara memperbaiki kaca spion motor yang loyo? Perlu kami ingatkan sekali lagi bahwa spion pada sepeda motor memiliki fungsi yang sangat penting. Spion ini mempunyai peranan layaknya mata ketiga dan keempat kita. Spion tersebut memungkinkan kita bisa melihat kondisi di belakang tanpa kita harus menolehnya secara langsung. Cukup lihat saja tangkapan bayangan yang ada di permukaan kaca spion tersebut, maka dengan mudah kita bisa melihat kondisinya secara langsung.
Sepeda motor selalu dilengkapi dengan dua spion yang terpasang di sebelah kanan dan kiri. Spion kanan berguna untuk menangkap bayangan yang ada di area belakang sebelah kanan. Kita biasanya menggunakan spion ini pada saat hendak menyeberang jalan atau berbelok ke kanan. Begitu pula dengan spion kiri yang berfungsi untuk menangkap bayangan di area belakang sebelah kiri. Spion ini biasanya kita gunakan ketika akan menepi ke pinggir jalan atau berbelok ke arah kiri.
cara-memasang-kaca-spion.jpg
Tetapi apa jadinya kalau kaca spion tersebut loyo? Akibatnya Anda tidak bisa menggunakannya dengan baik. Pada dasarnya, loyonya kaca spion disebabkan karena kurang menggigitnya bola lengan spion ke bodi kaca. Hal ini menyebabkan posisi spion menjadi gampang berubah-ubah dan rentan jatuh. Anda harus segera memperbaikinya agar tidak terjadi masalah yang lebih fatal. Berikut ini trik-triknya!
Alat dan Bahan :
  • Kunci ring yang sesuai
  • Selotip
  • Gunting
Langkah-langkah :
  1. Lepaskan kaca spion sepeda motor dari tempatnya.
  2. Pisahkan antara bagian bodi kaca dan lengan spion.
  3. Tempelkan selotip di kepala lengan spion sebanyak 2-3 lapisan.
  4. Tempelkan juga selotip di dudukan kepala lengan yang ada di bodi kaca 2-3 lapisan.
  5. Satukan kembali bagian bodi kaca dan lengan spion tersebut.
  6. Adanya selotip di sela-selanya membuat bodi kaca dan lengan spion bisa menyatu dengan kuat.
  7. Selanjutnya Anda tinggal memasang kembali kaca spion tadi ke dudukannya semula.
Solusi di atas sangat ampuh digunakan untuk mengatasi kaca spion yang loyo, posisinya tidak stabil, tidak bisa berdiri tegak, atau posisinya gampang berubah ketika mendapatkan tekanan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l