Langsung ke konten utama

Cara Merawat Honda Beat untuk Pengguna Wanita

Honda beat adalah sepeda motor berjenis matic yang cocok sekali dikendarai oleh Anda seorang wanita. Sepeda motor ini mampu menjawab semua kebutuhan Anda saat berkendara. Dari mulai ukurannya yang pas, tempat duduknya yang nyaman, serta proses pengoperasian yang sangat mudah. Honda beat juga mempunyai performa yang memadai. Jadilah Anda dan wanita-wanita lainnya suka sekali dengan motor matic buatan Honda ini.
Maklumlah Anda sebagai wanita tidak terlalu banyak mengetahui tentang seluk beluk sepeda motor. Anda pun tahunya hanya mengendarai kendaraan beroda dua tersebut. Anda hampir tidak bisa memberikan perawatan dengan baik. Bukan karena malas, tetapi lebih disebabkan oleh ketidaktahuan Anda tentang apa-apa yang mesti diperbuat untuk merawat Honda beat. Padahal perawatan itu penting demi menjaga kondisi sepeda motor.
cara-merawat-honda-beat.jpg
Kali ini kami akan berbagai kiat-kiat merawat sepeda motor merek Honda Beat, khususnya buat Anda pengguna wanita agar bisa merawatnya sendiri dengan benar.
  1. Ganti Oli Sesuai Ketentuan
Oli berguna untuk melumasi permukaan komponen-komponen sehingga ketika bergesekan tidak menyebabkan strukturnya rusak. Di sini ada tiga jenis oli yang perlu Anda ganti secara berkala. Di antaranya yaitu oli mesin, oli transmisi, dan oli shock breaker. Adapun frekuensi penggantiannya oli mesin setiap melewati jarak tempuh 2.000 km, oli transmisi setiap 7.500 km, dan oli shock breaker setiap 10.000. Ganti oli ini wajib dilaksanakan dan tidak boleh ditunda-tunda.
  1. Ganti Vent Belt
Salah satu komponen penyusun motor matic yang wajib diperhatikan kondisinya ialah vent belt. V-belt memiliki peranan sebagai penerus putaran pulley bagian depan (engine) menuju ke pulley bagian belakang (roda). V-belt lebih mudah dirawat ketimbang rantai yang biasa tertanam pada sepeda motor bertransmisi manual. Kami sarankan gantilah v-belt setiap jarak tempuh 20.000 km.
  1. Bersihkan Ruang Transmisi
Ada juga perlu membersihkan ruang transmisi untuk menjaga fungsionalitasnya. Tidak perlu terlalu sering kok. Waktu yang ideal untuk membersihkan bagian ini yakni ketika sepeda motor sudah menempuh jarak hingga 20.000 km. Kemudian setiap 20.000 km selanjutnya bisa dibersihkan lagi. Silakan ikuti panduan membersihkan ruang transmisi pada sepeda motor matic yang pernah kami bahas di artikel sebelumnya.
  1. Ganti Busi Secara Berkala
Busi mempunyai peranan yang sangat penting dalam mendukung proses pembakaran pada sistem sepeda motor. Busi berfungsi untuk memercikkan api yang akan membakar campuran antara bensin dan udara sehingga menghasilkan tenaga. Karena selalu bersentuhan dengan api, busi cukup mudah mengalami kerusakan. Anda perlu menggantinya secara berkala menggunakan busi baru yang orisinal.
  1. Periksa Kondisi Aki
Aki merupakan media penyimpanan energi listrik. Kebanyakan motor matic memakai sistem kelistrikan full DC sehingga aki mempunyai peranan penting untuk memastikan semua alat-alat listrik pada motor seperti lampu, klakson, dan starter elektrik dapat bekerja dengan baik. Anda tentu harus memastikan kondisi aki selalu dalam keadaan normal. Beruntung karena Honda Beat memakai aki kering yang tanpa perawatan. Sehingga bila aki sudah tidak bekerja, Anda hanya perlu menggantinya dengan aki baru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Mengisi/Menambah Angin Ban di SPBU

Bagaimana cara mengisi/menambah angin ban di SPBU? Ban berperan penting dalam menjamin keamanan dan kenyamanan kendaraan bermotor. Itulah kenapa tekanan angin di dalam ban harus senantiasa dijaga. Idealnya tekanan angin pada sepeda motor 29 psi, mobil 32 psi, dan truk 40-50 psi. Beruntung saat ini sudah banyak SPBU (Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum) di Indonesia yang memberikan fasilitas pengisian angin ban secara cuma-cuma. Tentu saja hal ini sangat membantu bagi para rider yang kebetulan mampir ke pom bensin tersebut. Mengingat layanan ini bersifat gratis, Anda harus mengoperasikan mesin pompa angin sendiri. Tapi bagaimana cara menggunakannya ya? Nah, berikut ini merupakan tata cara menggunakan kompresor angin yang biasanya terdapat di SPBU : Letakkan kendaraan Anda di samping mesin pompa angin. Tidak perlu terlalu dekat asalkan selang kompresor mampu menjangkau seluruh roda kendaraan. Khusus untuk sepeda motor , posisikan kendaraan bertumpu pada standar tengah sehingga An

Langkah-langkah Melepas dan Memasang Roda Mobil

Bagaimana langkah-langkah untuk melepas dan memasang roda mobil? Mobil adalah kendaraan darat yang digerakkan oleh mesin, beroda empat, dan biasanya menggunakan bahan bakar minyak untuk menghidupkan mesinnya. Ada kalanya kita ingin melepas dan atau memasang roda mobil untuk keperluan tertentu. Sebelum proses pelepasan/pemasangan roda mobil tersebut dimulai, Anda wajib memperhatikan prosedur keselamatan kerja terlebih dahulu. Di antaranya : Pastikan mengerjakannya di tempat yang memiliki permukaan lantai yang rata Gunakan alat-alat sebagaimana fungsinya Selalu kenakan pakaian penunjang keamanan untuk melindungi diri Untuk mempermudah pengerjaannya, sebaiknya kendurkan mur-mur yang membalut roda terlebih dahulu sebelum mobil didongkrak. Perhatikan seluruh bagian momen pengencangan baut dengan seksama. Selalu gunakan kunci momen pada saat melaksanakan pekerjaan ini. Begitupun ketika mendongkrak dan menopang mobil, disarankan untuk melakukannya di tempat yang berpermukaan rata s

Tata Cara Mengganti Lampu Utama Sepeda Motor

Bagaimana cara mengganti lampu utama sepeda motor? Pada kendaraan roda dua, lampu utama berfungsi sebagai penerang jalan dan pemberitahu pengendara lain akan keberadaan kita. Oleh sebab itu, lampu utama ini harus selalu menyala, baik saat malam maupun siang hari. Lampu Sepeda Motor Pada dasarnya, mengganti lampu sepeda motor dapat dilakukan dengan mudah. Kuncinya adalah kesabaran untuk membuka casing secara hati-hati agar tidak menimbulkan goresan dan lecet. Di bawah ini tata cara panduannya oleh Pyurio untuk anda! Alat dan Bahan : Lampu utama Obeng Kuas Langkah-langkah : Posisikan sepeda motor dengan bersandar pada standar tengah sehingga lebih mudah diotak-atik. Gunakan obeng untuk melepas seluruh sekrup yang menahan casing batok pembungkus lampu utama. Bersihkanlah bagian dalam casing memakai kuas untuk menghilangkan debu yang menumpuk. Buka karet penutup fitting dan lepaskan fitting dengan menekan lalu memutarnya berlawanan arah jarum jam. Rogoh bohlam l